Muhammad Bachtiar Rifai. Lahir di Kota Salatiga pada tanggal 30 Desember 2000. Merupakan anak terakhir dari dua bersaudara. Ibu bernama Siti Alfiah dan ayah bernama Jaenal. Pada saat ini, memiliki kartu tanda penduduk (KTP) berdomisili di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Namun, saat ini sedang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk menempuh pendidikan strata satu pariwisata di Sekolah Pariwisata Ambarrukmo (STIPRAM) Yogyakarta.  

Pernah menempuh pendidikan di SDN 08 Kota Salatiga, SMPN 2 Ajibarang Kabupaten Banyumas, dan SMK Nuruh Huda NU, Paguyangan, Brebes Selatan, Jawa Tengah. Diwaktu menempuh pendidikan SMK mengambil jurusan akuntansi. Salah satu prestasi yang ditorehkan pada saat SMK adalah juara 2 umum Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Nurul Huda NU Paguyangan. Selain itu, aktif dalam organisasi masyarakat Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kecamatan Paguyangan sejak tahun 2018 lalu. Pada saat kuliah, salah satu prestasi adalah juara 3 artikel ilmiah pada tahun 2021 dan pemenang hibah UMKM mahasiswa LLDIKTI wilayah V. Dalam organisasi di Kampus Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta mengikuti UKM Karawitan Prawitaadiwidya dan Senat Mahasiswa tahun 2020. Saat ini, sedang menempuh amanah sebagai ketua Tourism Research Club (Komunitas Riset Pariwisata) yang baru didirikan pada tahun 2022 dibawah arahan divisi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STIPRAM Yogyakarta.  

Mimpi terbesar Muhammad Bachtiar Rifai adalah  bisa mendirikan sekolah berbasis masyarakat. Sekolah berbasis masyarakat yang menyediakan sekolah gratis bagi masyarakat di Brebes Selatan, Jawa Tengah. Hobi saat ini adalah traveling karena dengan melakukan hal tersebut bisa mendapatkan pengalaman di tempat baru. Selain itu, juga suka dengan mendaki gunung karena dengan mendaki bisa memberikan rasa syukur yang lebih terhadap Tuhan YME. Selain itu, terinspirasi dengan kata-kata bahwa jika ingin mengapai puncak maka harus menempuh perjuang panjang lebih dahulu. Pengalaman kerja, pada tahun 2019 sebagai pelayanan harian di Wisma UGM dan student staff  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta pada tahun 2021.  

Ageng Indra

Ageng Indra

Editor dan penerjemah. Pengampu Klub Baca dan Klub Nonton.