-->

Peristiwa Toggle

Sekolah Pun Terpaksa Fotokopi Buku Ajar K-13

YOGYAKARTA – Belum meratanya distribusi buku pembelajaran berbasis kurikulum 2013 membuat sejumlah sekolah di kota Yogyakarta tak bisa maksimal dalam menyelenggarakan proses kegiatan belajar mengajar tahun 2014/2015 ini. Untuk menyiasati hal tersebut agar proses pendidikan tetap bisa berjalan, pihak sekolah terpaksa memfotokopi buku-buku tersebut dengan mengunduh dari internet.

Salah satunya dialami SD Negri Wirosaban Yogyakarta. Meski telah mengajukan buku ajar kurikulum 2013 melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sejak pertengahan Juni lalu namun hingga saat ini sekolah menyatakan belum ada informasi resmi kapan buku itu akan sampai ke siswa.

“Sampai sekarang kita belum tahu kapan buku itu dikirim. Kita cuma diminta menunggu saja,” ujar kepala Sekolah SDN Wirosaban, Suwarti di ruang kerjanya, Rabu (13/08/2014).

Memang menurutnya kebijakan dari dinas, pihak sekolah yang belum menerima buku ajar boleh mengkopi materi dari internet dengan biaya dana BOS. Namun jika buku ajar itu sudah didistribuaikan pihak sekolah tidak perlu mengcopy lagi. “Sehingga biaya yang mestinya untuk mengkopi materi itu dapat digunakan untuk kebutuha operasional siswa lainnya,” katanya.

Di SDN Wirosaban sendiri terdapat sebanyak sekitar 75 siswa baik itu kelas 1 – 5 yang membutuhkan buku ajar berbasis kurikulum 2013. Dikatakan untuk pengadaan buku ajar kurikulum 2013 tersebut, pemerintah pusat memberikan bantuan dana khusus sebesar Rp 25.526 per siswa. Namun dana itu tidak termasuk untuk pengadaan buku sebagai pegangan bagi para guru sehingga harus tetap diambil dari dana BOS.

Jumlah buku ajar berbasis kurikulum 2013 untuk siswa SD baik kelas 1 – 6 sendiri terdiri dari sejumlah tema dalam setiap tahunnya. Jumlah tema tersebut berbeda satu sama lain tergantung tingkatan kelasnya. Seperti misalnya untuk kelas 5 hanya terdiri dari 5 tema saja, namun untuk kelas 3 dan 4 bisa mencapai 9 tema.

Demikian dikabarkan web daring krjogja.com 13 Agustus 2014.

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan