-->

Peristiwa Toggle

Awas, Buku K-2013 Palsu Beredar di Pasar

YOGYAKARTA – Penerapan kurikulum baru tahun 2013 yang dicanangkan Dinas Pendidikan Kebudayan dan Pariwisata RI mulai tahun ajaran baru 2014/2015 ini membuat sejumlah buku ajar di Shoping Center Yogyakarta banyak diburu pembeli. Sayangnya banyak masyarakat yang kecewa karena menemukan sejumlah buku ajar tersebut ternyata tidak sesuai kurikulum terbaru 2013. Selain hanya sampulnya saja yang bertuliskan kurikulum 2013, namun isi dari buku tersebut ternyata tak banyak berubah dari buku pelajaran keluaran tahun-tahun sebelumnya.

Salah seorang pembeli di Shoping Center, Umi Muslimah mengaku mencari buku pelajaran untuk tingkat SD berbasis kurikulum 2013 sebagai panduan sekaligus perbandingan dalam mengajar. Guru asal Lampung itu mengaku membutuhkan buku tersebut karena belum medapat buku ajar resmi kurikulum 2013.

“Saya cari buku kurikulum 2013. Tapi ini kok isinya sama saja dengan buku keluaran tahun-tahun sebelumnya. Hanya ditambahi satu bab saja,” katanya.

Salah seorang penjual di Shoping Center sendiri mengaku mendapat pasokan buku-buku baru berbasis kurikulum 2013 tersebut dari pihak penerbit. Ia tak mengetahui apakah buku tersebut memang benar-benar buku berbasis kurikulum 2013 atau tidak. “Kita kan cuma dikirim dari pihak penerbit saja. Ya memang ada yang benar-benar buku baru, tapi ada juga yang buku lama tapi covernya saja yang baru,” katanya.

Sebagaimana diketahui mulai tahun ajaran 2014/2015 seluruh sekolah di Indonesia wajib menerapakan kurikulum baru 2013, baik itu tingkat SD, SMP, SMA maupun SMK. Meski begitu penerapan kurikulum baru tersebut hanya diberlakukan untuk kelas tertentu, yakni kelas 1, 2, 4 dan 5 SD, kelas 7 dan 8 SMP serta kelas 10 dan 11 SMA/SMK.

Kepala Dinas Pendidikan kota Yogyakarta Edy Heri Swasana sendiri saat dimintai keterangan terkait hal tersebut menyatakan, pengadaan buku ajar kurikulum 2013 dilakukan dengan menunjuk salah satu penerbit di daerah, sehingga tidak semua penerbit memiliki hak resmi menerbitkan buku ajar kurikulum 2013. “Buku ajar kurikulum 2013 memang tidak ada di pasaran. Karena itu hanya diproduksi oleh penerbit tertentu yang ditunjuk,” tegasnya.

Demikian dikabarkan web daring krjogja.com, 4 Agustus 2014.

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan