-->

23Tweets Toggle

#23Tweets | Katalog Seni – Krisis dan Paradoks FIlm Indonesia | Dyna Herlina S dan Garin Nugroho

Buku baru tentang sejarah film Indonesia telah terbit. Berjudul Krisis dan Paradoks FIlm Indonesia karangan Dyna Herlina S dan Garin Nugroho. Buku ini menggagas periode film di Indonesia, sejak awal film diterima masyarakat (tahun 1990) hinggga analisis paling mutakhir (tahun 2013). Tak hanya bahasa soal film, buku ini juga sangat memperhatikan faktor eksternal yg mempengaruhi perkembangan film di Tanah Air.

1 @dyherlin, peneliti di @Rumah_Sinema, menulis buku Krisi dan Paradoks FIlm Indonesia (#KPFI) bersama sutradara film andal Garin Nugroho @garinfilm

2 @dyherlin lulusan komunikasi jurusan komunikasi visual. Ketertarikannya pada film krn suka nonton film. Ia gabung dengan cineclub ktk mahasiswa | #KPFI @garinfilm

3 Ia tertarik meneliti film & penonton. Sebelumnya, @dyherlin menerjemahkan Sinema Indonesia karya Krishna Shen. Cek -> https://radiobuku.com/2013/11/23tweets-katalog-seni-sinema-indonesia-membingkai-orde-baru-dyna-herlina-suwarto-yogyakarta/#more-17206 | #KPFI @garinfilm

4 #KPFI dikerjakan @dyherlin dan @garinfilm selama 3-4 tahun. Diluncurkan 4 Des 2013. Dalam buku itu, ia mengaku terpengaruh buku Krishna Sen yg diterjemahkannya

5 Selama ini, sejarah film Indonesia ditulis hanya ttg film itu sendiri. Entitas film tdk tunggal, dipengaruhi iklim budaya ekonomi sosial politik | #KPFI @dyherlin @garinfilm

6 #KPFI, buku ttg sejarah film Indonesia 1900-2013. Dikaitkan dg situasi ekonomi, politik, budaya pop. Dalam rentang itu terbentang krisis dan paradoks | @dyherlin @garinfilm

7 Krisis tak selalu negatif, ada kemalangan juga ada kesempatan. Saat krisis, atensi tehadap film justru meningkat. Film jadi bentuk katarsis dr situasi represif | #KPFI @dyherlin @garinfilm

Booklovers, inilah lini masa film di Indonesia dalam #KPFI karangan Dyna Herlina dan Harin Nugroho

8 1900-1930, film diterima di Hindia-Belanda. Film pertama dari Belanda. Pribumi sdh terbiasa dg pertunjukan, jd mudah diterima | #KPFI @dyherlin @garinfilm

9 Film sering dituding sbg degradasi moral. Film2 yg berbau kekerasan disensor untuk menciptakan imej bahwa budaya Barat berbudi luhur | #KPFI @dyherlin @garinfilm

10 1930-1950. Jepang masuk Indonesia. Memberi kontribusi penting pada film sbg alat propaganda. Para pionir film Indonesia belajar dari Jepang | #KPFI @dyherlin @garinfilm

11 Setelah Indonesia merdeka, film jadi penting untuk sebarkan ide2 nasionalisme. Didukung oleh Sukarno dan banyak yg dikirim ke luar negeri unt belajar film | #KPFI @dyherlin @garinfilm

12 1950-1970. Sejarah Indonesia paling diperdebatkan. Konflik politik gerogoti film. Filmaker pecah, Lekra dan Lesbumi. Terjadilah polemik. Karya Lekra dibakar
| #KPFI @dyherlin @garinfilm
13 Polemik cukup keras di media massa, meski tak banyak film yg dihasilkan. Keduanya sama2 nasional, hanya kepentingan kelompok yg berbeda | #KPFI @dyherlin @garinfilm

14 1970-1985. Suharto menstabilisasi film dg membentuk badan2 perfilman yg dikontrol negara. Filmaker hrs jd anggota Karyawan Film & Televisi (KFT) | #KPFI @dyherlin @garinfilm

15 Akibatnya, terjadi represi di dunia film. Paradoksnya, muncul sutradara2 andal, lahir film popular dan berkualitas. Ada pertautan antara film & teater | #KPFI @dyherlin @garinfilm

16 1985-1998. Orde Baru mulai goyah krn kekuasaan yg berlebihan disorot dunia. Represi film makin keras. Tp beruntung adanya impor teknologi baru | #KPFI @dyherlin @garinfilm

17 Kuatnya impor jg membuat produk film Indonesia menurun. Genre film di Indonesia pun makin beragam. Didukung dg didirikannya sekolah film IKJ | #KPFI @dyherlin @garinfilm

18 Masa ini, Garin Nugroho muncul, memberikam alternatif genre. Jika lain genre horor, komedi, erotis, ia bikin film berkualitas dr sisi sinematografi & isu | #KPFI @dyherlin @garinfilm

19 1998-2013. Suharto turun dan melemahnya bentukan Orde Baru. Lahirlah film2 Islami mengingat bahwa kelompok Islam jd konstituen penting dlm politik | #KPFI @dyherlin @garinfilm

20 Dari rangkaian lini masa itu, film Indonesia bangkit dr segi komersial. Ditandai jumlah penonton yg signifikan dr 2000-2008. Penghargaan pun banyak diraih | #KPFI @dyherlin @garinfilm

21 Lahir pula sutradara2 perempuan dan komunitas film. Struktur kerja film jd lebih demokratis. Seluruh elemen pembuatan film jadi penting dan punya daya tawar | #KPFI @dyherlin @garinfilm

22 Tdk banyak sejarah film indonesia yg ditulis WNI, justru banyak orang luar. Buku #KPFI ini persembahan @dyherlin dan @garinfilm untuk film Indonesia

23 #KPFI diterbitkan FFTV IKJ, akan diterjemahkan dlm bahasa Inggris. Free tp dg donasi. Pemesanan melalui books@jaff-filmfest.org atau Bety 085743566568 | #KPFI @dyherlin @garinfilm

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan