-->

Peristiwa Toggle

Kemendikbud Seleksi 200 Buku Terbaik untuk Ikut Pameran Frankfurt Jerman 2015

JAKARTA — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) seleksi 200 buku karya terbaik penulis Indonesia dalam rangka mengikuti pameran buku di Frankfurt Jerman.

“200 buku terbaik karya penulis Indonesia akan diseleksi menjadi 100 buku terbaik untuk dipilih mewakili Indonesia pada pameran buku dunia atau Frankfurt Book Fair di Jerman tahun 2015,” kata Wamendikbud Bidang Pendidikan Musliar Kasim pada sambutan acara pengumuman sayembara pemenang penulisan buku pengayaan yang diselenggarakan Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) Kemendikbud di Jakarta, Senin (25/11), sebagaimana diwartakan situs daring metrotvnews.com 25 November 2013.

Menurut Musliar, Indonesia terpilih menjadi Guest of Honour (GOH) pada pameran buku internasional yang prestise itu.

200 buku yang diseleksi nantinya akan diserahkan pada penerbit untuk dibuat sinopsis dalam bahasa Inggris lalu diberikan ke lembaga internasional, seperti British Council atau Goethe Institute untuk diseleksi lebih lanjut.

Untuk itu, Musliar mengaku pihaknya telah menyiapkan anggaran berkisar Rp100 juta hingga Rp200 juta untuk penerjemahan buku terbaik penulis Indonesia ke dalam bahasa Jerman dan Inggris.

Dalam kesempatan itu, Musliar mengakui masih minimnya karya buku anak bangsa Indonesia jika dibandingkan dengan negara lain seperti Malaysia.
Seperti diberitakan merujuk riset tahun 2010, produksi karya tulis Indonesia dalam setahun masih kalah dibandingkan Malaysia begitupun dibandingkan dengan Jepang yang telah menghasilkan 60 ribu buku per tahun atau Inggris yang punya 110 ribu buku.

Kapuskurbuk Kemendikbud Ramon Mohandas menambahkan dari 808 karya penulis seluruh provinsi yang masuk berhasil menjadi karya terbaik 45 karya buku pengayaan. Demikian situs daringĀ metrotvnews.com mengabarkan.

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan