-->

Peristiwa Toggle

Inilah Peraih Penghargaan Penulis Kompasiana 2013

JAKARTA — Official blog Kompasiana mengabarkan Kompasianer of The Year 2013 yang terdiri dari Reporter Warga Terbaik, Kolumnis Warga Terbaik, dan Fiksianer Terbaik. Setiap tahunnya, Kompasiana menggelar sebuah perhelatan akbar sekaligus ajang kopdar untuk para penggunanya yang diberi nama Kompasianival. Dalam puncak perhelatan akbar ini, Kompasiana mengumumkan sekaligus memberikan penghargaan kepada Kompasianer yang dianggap membawa inspirasi untuk para pengguna Kompasiana lainnya dalam anugerah Kompasianer of The Year.

Semua bentuk penghargaan ini diberikan kepada Kompasianer yang telah mendukung perkembangan Kompasiana, baik di dunia online maupun offline.

Kompasianer of The Year 2013

Setelah satu tahun lalu, Kompasiana memilih sosok seorang super mom sebagai Kompasianer of The Year 2012, Maria Hardayanto, tahun ini pemenang Kompasianer of The Year 2013 jatuh kepada sosok seorang bapak satu anak. Sejak bergabung di Kompasiana, 19 Desember 2009, Kompasianer asal Makasar, Sulawesi Selatan ini kerap mewartakan berbagai peristiwa yang dialaminya. Tidak hanya itu, pandangan-pandangannya terkait isu terkini juga kerap ia tuliskan di Kompasiana dengan bahasan yang konprehensif dan mendalam. Ya, siapa lagi kalau bukan Yusran Darmawan!

Di balik kesan pendiam dari foto profilenya, Yusran memiliki sejuta talenta di bidang tulis-menulis. Kemahirannya menorehkan tinta membuat ia memiliki kesempatan mengenyam pendidikan di Ohio University, Athens, Amerika Serikat. Bersamaan dengan itu, ia pun sempat mengikuti program internship di kantor berita Voice of America dan menggunakan Kompasiana sebagai media untuk melaporkan berbagai kejadian seputar kehidupan di Amerika.

Tak hanya pandai menulis, Yusran juga punya hobi fotografi. Foto-foto koleksinya ini juga kerap ia lampirkan sebagai pendukung tulisan reportase yang ia buat.

Reporter Warga Terbaik 2013

Peraih penghargaan reporter warga terbaik Kompasiana diraih oleh Yusran Darmawan. Meski bukan peraih vote tertinggi, fokus dan konsistensi Yusran dalam melaporkan peristiwa dan atau kejadian sekitar menjadi bahan pertimbangan juri untuk memilih Yusran sebagai Reporter Warga Terbaik 2013.

Kolumnis Terbaik 2013

Kolumnis terbaik tahun ini diberikan kepada Ira Oemar. Ira juga peraih vote tertinggi dalam kategori ini. Jika melihat koleksi tulisan opini Ira di Kompasiana, pembaca pasti sudah tidak meragukan lagi. Dengan mengangkat isu-isu aktual, terutama soal politik, yang disertai dengan referensi bacaan yang luas, membuat tulisan kolumnis yang satu ini kaya akan bahasan.

Tak jarang, dari berbagai opini yang ia tuliskan kerap mengundang pro dan kontra dari pengguna lainnya. Meski demikian, hal ini tidak pernah mematahkan semangat Ira untuk terus menuangkan opini-opininya di Kompasiana.

Fiksianer Terbaik 2013

Bisa dikatakan, ini adalah kategori yang paling ditunggu-tunggu oleh para Kompasianer. Hadirnya kanal fiksi di Kompasiana menumbuhkan bibit-bibit baru pegiat fiksi di ranah maya. Dari hasil vote, ada dua kompasianer yang memiliki jumlah vote tertinggi. Juri pun mengadu dua kandidat ini. Selain melihat hasil-hasil karyanya, tim juri pun menilai track record mereka saat berinteraksi di dunia maya.

Fandi Sido terpilih sebagai Fiksianer terbaik 2013 ini. Selain menulis reportase dan opini, sejak bergabungnya ia di Kompasiana per Juni 2010, ia juga rajin menuangkan buah pikirannya dalam tulisan fiksi. Berbagai jenis tulisan fiksi pun dilakoninya, mulai dari puisi, cerpen, dongeng, bahkan novel sekali pun! Tidak hanya itu, Fandi pun tak segan-segan memberikan dan menerima kritik serta saran terhadap fiksi-fiksi yang ada Fiksiana.

Demikian official kompasiana.com 23 November melaporkan.

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan