-->

Peristiwa Toggle

Buku Sejarah Musik Metal Bandung Diluncurkan

BANDUNG – Situs daring tempo.co 22 November 2013 mengabarkan peluncuran buku berjudul Ujung Berung Rebels, Panceg Dina Galur yang berlangsung di Gedung Majestic, Jalan Braga, Bandung, Jumat malam, 22 November 2013. Konser band metal dan diskusi tentang industri musik di Bandung ikut mengisi acara tersebut.

Buku perjalanan musik metal selama di Bandung ditulis Iman Rahman Angga Kusumah alias Kimung dengan bimbingan dosen filsafat Universitas Parahyangan, Bambang Sugiharto, dan dosen sejarah Universitas Padjadjaran, Reiza D. Dienaputra. Kimung mencatat sejarah dua dekade musik metal setebal 869 halaman.

Bambang mengatakan, gerakan musik rock dan metal di Bandung, khususnya, sudah bisa membalikkan keadaan. Kalau dulu komunitas lokal hanya menerima musik global, kini band-band lokal mampu ke kancah dunia, seperti Burgerkill. Ujungberung merupakan salah satu pusat perkembangan musik metal di Bandung sebelah timur. Dari daerah itu, kemudian tumbuh komunitas penggemar dan musikus musik cadas menjelang 1990. “Masih tak jelas kapan rock-metal masuk ke Ujungberung, agaknya sejak band-band Guns n Roses, Metallica, dan Bon Jovi terkenal di Indonesia,” ujar Kimung.

Yang menarik, kata mantan personel Burgerkill itu, perkenalan anak-anak metal di Ujungberung berawal dari sistem radio panggil. Lewat alat komunikasi itu, mereka diskusi dan berbagi informasi tentang band dan musik metal.

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan