-->

Peristiwa Toggle

Pustakawan Gelar Konferensi di Bali 26-30 Agustus 2013

JAKARTA — Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (Atpusi) bekerja sama dengan Perpustakaan Nasional dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Konferensi Kepustakawanan Sekolah Tingkat Internasional (International Association of School Librarianship/IASL Conference) 2013 pada 26-30 Agustus di Sanur, Bali.

Sebagaimana dikabarkan situs daring beritasatu.com 23 Agustus 2013, sebanyak 300 pustakawan sekolah dari berbagai belahan dunia akan menghadiri konferensi tersebut. Mereka akan berbagi pengetahuan dan keterampilan selama lima hari dalam kelas presentasi karya ilmiah, workshop, dan seminar.

President International Federation Library Association (IFLA), Sinikka Sipila, dipastikan hadir sebagai pembicara utama. Beberapa ahli kepustakawanan tingkat internasional, seperti Putu Pendit, Rachael Hodgson, dan Barbara Stripling, juga tampil sebagai pembicara dalam konferensi.

Beberapa penulis Indonesia juga akan hadir meramaikan acara ini dalam program “Morning Tea with Authors”,  di antaranya Ahmad Fuadi (penulis buku Negeri Lima Menara), Clara Ng (penulis buku anak dan remaja), I Made Taro (penulis buku anak), dan Darwis. Peserta juga akan diajak mengunjungi beberapa perpustakaan sekolah di Bali, yani di SMA 4, SMP 7, Sekolah Saraswati, Sekolah Dyatmika, SMK 3, dan SMP 1.

Konferensi kali ini merupakan konferensi tahunan ke-42 yang diselenggarakan IASL, sekaligus ulang tahun ke-17 Forum Riset Kepustakawanan Sekolah Internasional. Tema yang diangkat dalam IASL 2013 Conference adalah “Enhancing Student Life Skills through the School Library”.

Tema itu dipilih sesuai dengan tantangan yang dihadapi Indonesia dalam bidang pendidikan, khususnya tentang penerapan kurikulum baru yang disebut dengan Kurikulum 2013. Visi Kurikulum 2013 adalah menyiapkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif, melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi.

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan