-->

Peristiwa Toggle

Inilah Pustakawan Berprestasi Terbaik Tahun 2013

JAKARTA – Web daring pustakawan.pnri.go.id mengabarkan pada 14 Agustus sampai dengan 19 Agustus Perpustakaan Nasional telah menyelenggarakan Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2013, bertempat di Hotel Aryaduta Jakarta. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan sejak tahun 2006. Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik tahun ini diikuti oleh 26 peserta yang berasal dari 26 provinsi di Indonesia yang dipilih melalui ajang Lomba Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Provinsi.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI, Dra. Sri Sularsih, M.Si dan dihadiri pula oleh pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Perpustakaan Nasional. Dalam sambutannya, Sri Sularsih mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan apresiasi dan salah satu bentuk pembinaan bagi pustakawan, sehingga perpustakaan dapat bersaing dengan media lain dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Perpustakaan diharapkan bisa berperan secara maksimal kepada penggunanya, salah satunya dengan pelatihan, pendanaan dan pembinaan sumber daya manusianya. Perpustakaan yang tidak bisa bersaing tentu akan ditinggalkan oleh penggunanya. Untuk itu dibutuhkan pustakawan yang kompeten, dan professional.

Terdapat 4 (empat) unsur penilaian yang dilakukan Dewan Juri terhadap peserta, yaitu: pertama, tes kognitif secara tertulis, terdiri dari tes objektif dan esai; kedua, menyusun karya tulis/makalah ilmiah, ketiga membuat presentasi dan memaparkanya di hadapan para Dewan Juri dengan materi yang diberikan secara random oleh dewan juri; dan ke-empat melakukan tahapan wawancara secara interpersonal oleh Dewan Juri. Selain mengikuti serangkaian test peserta juga mengikuti acara kenegaraan diantaranya mengikuti prosesi detik detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Negara Jakarta dan silaturahmi para teladan seluruh Indonesia dengan Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Berdasarkan kumulatif hasil penilaian terhadap setiap peserta, maka Dewan Juri yang diangkat melalui Keputusan Kepala Perpustakaan Nasional RI Nomor 80 Tahun 2013 tentang Penetapan Panitia Penyelenggra Serta Dewan Juri Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tahun 2013 yang terdiri atas:

  • Dr. Zulfikar Zen, MA. Sebagai Ketua merangkap anggota
  • Dra. Harkrisyati Kamil Sebagai Wakil Ketua merangkap anggota
  • Drs. Agus Rusmana, MA. Sebagai Anggota
  • Dra. Wartini, M.Si. sebagai anggota
  • Drs. Widiyanto, M.Si. sebagai Anggota
  • Dra. Titiek Kismiyati, M.Hum. sebagai Anggota
  • Drs. Sudirwan Hamid, MH. sebagai Anggota

telah menilai dan memutuskan pemenang yang dituangkan kedalam berita acara dan di tetapkan oleh Surat Keputusan Kepala Perpustakaan Nasional, pemenang Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2013 adalah:

  • Ulfah Andayani, S.Ag., SS., M.Hum. Wakil Provinsi Banten sebagai Peringkat Pertama
  • Tulus Wulan Juni, S.Sos. wakil dari Sulawesi Selatan sebagai Peringkat Kedua
  • Sukirno, SIP., MA. Wakil dari Provinsi DI. Yogyakarta Sebagai Peringkat Ketiga
  • Syafrinal S., S.Ag., SS., M.Kom. Wakil dari Provinsi Sumatera Barat sebagai Peringkat Harapan Pertama
  • Rhoni Rodin, S.Pd.I., M.Hum. Wakil dari provinsi Bengkulu Sebagai Peringkat Harapan Kedua
  • Nurmalina, S.Ag., M.Hum. Wakil dari provinsi Sumatera Selatan sebagai Peringkat Harapan Ketiga

Masing-masing Pemenang mendapatkan piagam penghargaan dan hadiah uang tunai pembinaan prestasi dari Perpustakaan Nasional RI yang diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris Utama, Drs. Dedi Junaedi, M.Si kepada pemenang sekaligus menutup secara resmi kegiatan ini.

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan