-->

Peristiwa Toggle

Lima Cerita Jokowi Bagi-bagi Buku Tulis

JAKARTA — Dalam berbagai kesempatan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) lebih suka membagikan buku kepada anak-anak. Alasannya, buku adalah bagian dari niatnya untuk memperbaiki pendidikan anak. Dengan pendidikan, kemiskinan bisa dilawan.

Mungkinkah ini bagian dari ketidaksetujuan Jokowi terhadap BLSM? Sebab, ia dulu pernah menyuarakan ketidaksetujuannya dengan BLSM.

“Ngefeknya akan lebih bagus. Tidak diberikan dalam bentuk BLSM seperti ini, diberikan uang, memberikan cash sehingga memberikan pendidikan yang tidak baik untuk masyarakat,” kata Jokowi beberapa waktu lalu.

Dalam berbagai kesempatan, Jokowi malah sering membagi-bagikan buku kepada anak-anak. Ini 5 cerita Jokowi bagi-bagi buku, sebagaimana dikabarkan situs daring merdeka.com 15 Juli 2013:

1. Bagi buku tulis di Penjaringan

Selain melihat Taman Hutan Kota di Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, Jokowi mengunjungi permukiman padat yang berada di sekitarnya. Kepada warga di sana, Jokowi itu berjanji akan mengubah permukiman tersebut menjadi kampung deret.

“Ini kan masih lihat-lihat dulu, status tanahnya kan juga belum dilihat. Paling tidak dari atas tol itu, dari airport yang paling kelihatan kan di sini,” kata Jokowi, Minggu, (14/7).

Selain mengunjungi kampung itu, Jokowi juga membagi-bagikan buku tulis kepada anak-anak yang mengikuti Jokowi sejak ia mengecek Taman Hutan Kota Penjaringan. Jokowi yang mengenakan kemeja berwarna putih itu juga membagikan puluhan amplop yang masing-masing berisi uang sebesar Rp 50.000 kepada para warga yang mengerumuninya.

“Sudah habis (angpao), yang gak dapet dikasih buku saja ya,” ucap Jokowi sambil tersenyum.

2. Korban kebakaran diberi buku

Saat Jokowi meninjau lokasi bekas kebakaran di Jalan Kemayoran Tengah I, Jakarta Pusat, Jokowi juga memberikan bantuan. Salah satunya adalah buku tulis. Buku-buku itu diberikan kepada anak-anak.

Saat meninjau lokasi, Jokowi ditemani Ketua RT 4/ RW 7, Kemayoran Tengah, Armin. Kepada Armin, Jokowi juga menitipkan uang Rp 20 juta untuk membantu pengungsi.

Selain uang, Jokowi juga membagikan tas dan buku sekolah untuk anak-anak. Tak lupa beberapa karung beras juga dibagikan Jokowi.

“Ini langsung bagi-bagi aja jangan disimpan, kalau kurang kasih tahu saya,” pesan Jokowi pada Amrin.

3. Temui demonstran, Jokowi bagikan buku

Saat menemui para demonstran di depan Balai Kota Jakarta, Jokowi malah membagi-bagikan buku tulis kepada demonstran. Saat Jokowi memegang buku tulis itu, puluhan pedagang itu langsung berebut.

Jokowi membagi-bagikan buku karena para demonstran sebelumnya mengeluh tidak bisa menyekolahkan anaknya setelah terjadi penggusuran yang dilakukan oleh PT KAI. Lapak-lapak mereka yang biasa digunakan untuk mengais rizki kini sudah diguyur.

Jokowi yang mendengar keluhan dari demonstran hanya mengangguk-anggukkan kepalanya. “Iya-iya,” kata Jokowi di depan Balai Kota Jakarta, Kamis (21/3).

Demonstran juga meminta kepada Jokowi agar menjembatani bertemu dengan PT KAI. Mereka berharap bisa membuka lapak kembali dan tidak digusur oleh PT KAI.

4. Usai salat tarawih bagikan buku tulis

Jokowi melaksanakan salat tarawih di Masjid At Taqwa, Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta Selatan. Usai menunaikan salat, Jokowi membagikan buku tulis dan bacaan kepada anak-anak yang berada di masjid.

Kegiatan bagi-bagi yang dilakukan Jokowi tersebut kembali mengundang antusiasme jemaah. Tidak hanya anak-anak yang berebut buku pemberian Jokowi, ibu-ibu jemaah juga saling berebut. Umumnya para ibu berebut salaman. Hal itu membuat Jokowi kebingungan.

“Sabar-sabar, semua dapat. Satu-satu,” kata Jokowi saat membagikan buku di Masjid At Taqwa, Manggarai, Jakarta Selatan, Rabu (10/7).

Usai membagikan buku, Jokowi masih menjadi pusat perhatian warga. Mereka yang sedari tadi menunggu Jokowi keluar masjid, segera berbondong-bondong menghampiri Jokowi hanya sekadar bersalaman. Bahkan Jokowi harus kesusahan keluar dari gang selebar 4 cm, yang merupakan akses satu-satunya menuju masjid.

5. Tebar buku di Rawa Bebek

Dengan menggunakan baju khas Betawi, di kawasan Rawa Bebek, Cakung, Jakarta, Selasa (2/7), Jokowi juga membagi-bagikan buku tulis. Saat itu Jokowi usai menghadiri acara penandatanganan dan peresmian kerjasama pembangunan rumah susun relokasi untuk para buruh di lokasi tersebut.

Cara Jokowi ini langsung mendapat perhatian warga. Tidak hanya anak-anak, banyak juga orang dewasa berebut buku dari Jokowi.

Sementara Jokowi yang berada di samping mobilnya membagi-bagikan satu per satu buku yang ada di dalam mobilnya. Buku-buku ini dibagikan Jokowi secara gratis.

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan