-->

Peristiwa Toggle

Aroma Cokelat Bikin Toko Buku Laris

BELGIA — Sebuah penelitian dari Universitas Hasselt, Belgia melaporkan, toko buku dengan ruangan berbau cokelat lebih banyak menjual buku ketimbang tempat sama namun tidak berbau buah ini.

Surat kabar the Huffington Post, sebagaimana dikabarkan kembali situs daring merdeka.com 28 Juli 2013, melaporkan, riset ini mengambil tempat di dua toko buku kecil di Belgia selama 10 hari. Satu toko tidak berbau cokelat dan lainnya menaruh beberapa batang aroma terapi cokelat. Hasilnya, toko kedua mengalami peningkatan 40 persen dibanding toko pertama.

Sejatinya orang datang ke toko buku untuk membeli buku ingin mereka cari dan langsung membayarnya ke kasir. Jika tidak dapat mereka akan langsung pergi dari tempat itu.

Namun dengan wangi cokelat seantero ruangan toko buku membuat pengunjung betah berlama-lama dan melihat koleksi buku lain tidak mereka cari sebelumnya.

Penjualan buku lewat toko secara langsung mengalami penurunan tajam dengan adanya sistem belanja lewat Internet. Toko buku jadi jarang dikunjungi. Cara ini bisa digunakan oleh pebisnis toko buku untuk tetap bertahan di zaman Internet sekarang.

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan