-->

23Tweets Toggle

#23Tweets | Angkringan Buku – Zaman Edan Ronggowarsito (Den Bagus Ngarso & Arief Abdurrakhim) | Yogyakarta

Buku “Zaman Edan” karya Ronggowarsito menjadi salah satu buku yang dibedah di acara  Jogja XTra Baca di Festival Buku Indonesia Yogyakarta pada 3 Juni 2013 di XT Square Umbulharjo Yogyakarta. Susilo “Den Bagus Ngarso” Nugroho membedah “Zaman Edan” dengan enteng, filosofis, dan geeeerrr. Dipandu oleh aktivis perbukuan Yogyakarta Arief Abdulrakhim, obrolan “Zaman Edan” menjadi aktual kembali. Pertanyaannya: edan mana: Ronggowarsito atau Den Baguse.

Simak #ArsipSuaraBuku “Zaman Edan” oleh Den Baguse Ngarso.

1 Perkenalkan: Susilo Nugroho atau lebih akrab dipanggil “Den Baguse Ngarso”. Aktor panggung kawakan #Jogja.

2 Perkenalkan: Arief Abudurrakhim, aktivis perbukuan #Jogja. Sosok inilah yang menginisiasi berdirinya #TogaMas di #Jogja

3 #DenBaguse dan @dulrakhim berada dalam satu panggung membahas “Zaman Edan” karya Ronggowarsito.

4 Berjumpa dengan buku “Zaman Edan”, bacalah. Begitu #DenBaguse mengajak booklovers. Siapa pun yang menerbitkan.

5 Mengikuti pengalaman pribadi @dulrakhim, zaman edan ini sepertinya terus-terusan. Jawab #DenBaguse: Mungkin di zamanmu kebetulan edan terus2an

6 Kata #DenBaguse: Beruntunglah orang yang hidup di zaman edan. zaman ini membuka peluang utk bikin prestasi didalamnya.

7 #DenBaguse: Zaman edan jangan disikapi, yo wo o, edan gak rampung2. Mari melarat bareng. Jangan begitu. Jangan2 yang ngomong yang edan.

8 Zaman Edan dalam buku yg dipegang #DenBaguse berwujud tembang berbahasa Jawa. Diterjemahkan secara bebas dlm bahasa Indonesia. Sekali baca langsung tahu

9 Hidup di zaman edan, gelap jiwa bingung pikiran. Turut edan hati tak paham. Jika tak turut batin merana, tertindas, dan kelaparan.

10 Seuntung apa pun orang yang lupa daratan, tapi lebih selamat orang yang menjaga kesadaran | #ZamanEdan #DenBaguse

11 Ronggowarsito percaya di zaman edan masih banyak orang yg hatinya baik. Lain perkara kemudian si baik hati ini akan jatuh dalam prilaku buruk dan atau baik.

12 Kata #DenBaguse (nyontek buku), Ronggowarsito punya kemampuan meramal. Ia bahkan tahu dengan persis kapan ia meninggal. Hari tanggal bulan.

13 Seedan-edannya yang ditulis di buku “Zaman Edan” jauh lebih edan zaman sekarang ketimbang masa Ronggowarsito. Kata #DenBaguse

14 Bertanyalah #DenBaguse: Percaya gak sih sampeyan bahwa Ronggowarsito bisa meramal masa depan? Alasannya?

15 Ronggowarsito itu orangnya fokus. Kata @dularief. Hanya orang yang fokus yang bisa mencapai lingkaran inti spiritualitas. Fokuslah, istiqomahlah dibidang kerjamu!

16 Jika kamu fokus pada bidangmu, kamu bisa meramal seperti Ronggowarsito. Sbg titisan Ronggowarsito, #DenBagus pun diminta @dularief meramal masa depan ketoprak!

17 Hasil ramalan #DenBaguse atas ketoprak? Optimis! “Jangan pikir panjang2, tapi lakukanlah. Saat kamu berpikir, orang lain sudah mengambil momentumnya”.

18 Ketoprak di zaman edan. Kata #DenBaguse: regenerasi penonton jauh lebih penting dibandingkan regenerasi pemain. Kalo ketoprak payu, regenerasi pemain gampang. Ono duite kayak panggung dangdut.

19 Kata #DenBaguse, di zaman edan, nikmatilah hidup. Nikmatilah lingkungan di mana kamu tinggal. Mesti menarik itu.

20 #DenBaguse cerita: jalanan di Belgia itu serba rapi dan teratur. Apa menariknya? Bandingkan dgn di Indonesia. Ijo jalan. Kuning hati2. Merah banter. Ada variasi & tantangan.

21 Di Indonesia, #DenBaguse merasa hidup ini tambah hidup: Ueeeddan, bangsaku asu tenan. Ketemu juga menungso. Tapi yang harus dimanusiakan lagi!

22 #DenBaguse bertanya kepadamu? Sudah pernah lihat orang edan beneran? Kalau belum, berdirilah di depan kaca. Dan lihatlah!

23 Nasehat #DenBaguse: Jadilah mahasiswa bahasa Jawa yang punya jiwa entertain. Jawa bukan hanya utk jawa, tapi Nusantara.

Demikian #23Tweets Program Angkringan Buku “Zaman Edan” bersama #DenBaguseNgarso dan @dulrakhim. Saya, Gus Muh, melaporkan. Sampai jumpa!

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan