-->

Peristiwa Toggle

Sekolah di AS Tarik Novel tentang Iran

CHICAGO – Sekolah Negeri Chicago (SPC), pekan ini, memicu kontroversi dengan memerintahkan agar “Persepolis”, novel grafis yang sangat terkenal mengenai seorang anak perempuan yang tumbuh di Iran saat Revolusi Islam, ditarik dari mata pelajaran.

Kepala Pelaksana CPS Barbara Byrd-Bennet, Jumat (15/3), mengatakan pemerintah lokal memang tidak melarang buku karya Marjane Satrapi itu, tapi sekolah telah memutuskan buku tersebut “tak layak buat penggunaan umum” dalam kurikulum kelas tujuh.

“Jika guru kelas tujuh Anda belum mengajarkan buku ini, tolong minta mereka untuk tidak melakukannya dan mengeluarkan buku itu dari ruang kelas mereka,” kata Byrd-Bennet di dalam satu pernyataan sebagaimana dikutip Reuters.

Ia mengatakan buku tersebut memiliki “gambaran kuat mengenai penyiksaan” dan sekolah sedang mempertimbangkan apakah buku tersebut mesti dimasukkan ke dalam kurikulum kelas delapan sampai 10.

Kristan Starr, pejabat perpustakaan di Lane Tech, sekolah dengan pendaftaran terbatas buat siswa kelas tujuh sampai 12, mengatakan ia pada Rabu (13/3) diberitahu buku itu harus dikeluarkan dari ruang kelas dan perpustakaan.

Christopher Dignam, Kepala Sekolah Lane Tech, mengirim surel kepada stafnya pada Kamis untuk mengkonfirmasi instruksi tersebut.

Surat elektronik itu menyatakan personel CPS diinstruksikan untuk secara fisik mendatangi setiap sekolah sampai Jumat dan mengumpulkan novel tersebut dari semua ruang kelas serta perpustakaan.

Bahkan mereka diinstruksikan untuk memastikan bahwa buku tersebut ditarik dari murid dan guru.

Di dalam surelnya, Dignam mengatakan ia tak diberitahu alasan tindakan itu. Demikian dikabarkan antaranews.com (16/03/2013).

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan