-->

Kronik Toggle

UNS Jawara Pengelolaan Arsip

Universitas Negeri Sebelas Maret Solo (UNS) berhasil menjadi juara satu dalam lomba pengelolaan arsip Tahun 2012 yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sedangkan juara kedua diraih Universitas Indonesia (UI) dan ketiga Institut Pertanian Bogor (IPB).

Menurut Arsiparis UNS, Yani Maryudiasti penghargaan diterima Pembantu Rektor II Prof Dr Jamal Wiwoho MHum, 28 Desember2012. Kriteria lomba mencakup unsur pembinaan, pengelolaan arsip, penyusutan arsip hingga sarana dan prasarana. Sedangkan lomba berlangsung dua tahap.

“Pada tahap pertama diikuti 26 PTN, kemudian susut menjadi 6 bersaing di tahap kedua. UNS tidak hanya dinilai pusat arsip saja, tetapi ada juga arsip dari fakultas seperti Fakultas Hukum (FH), Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR), Fakultas Ekonomi (FE) dan Fakultas Teknik (FT),” papanya.

Dia mengatakan empat fakultas itu sudah memiliki ruang arsip dan sekaligus melakukan pengolahan arsip. Sementara sistem komputerisasi juga termasuk dalam penilaian. Sebelumnya pusat arsip menata dengan cara manual. Hingga saat UNS memiliki 36 arsiparis yang tersebar di fakultas dan unit kerja.

*) KRJogja, 2 Januari 2013

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan