-->

Peristiwa Toggle

Selamat Ulang Tahun Tintin!

Herge membuat tokoh ini terinspirasi dari tokoh komik yang diciptakan oleh Benjamin Rabier , Tintin Lutin yang muncul pertama kali pada tahun 1897.

Tintin muncul pertama kali di sisipan anak-anak dari surat kabar ”Le Petit Vingtième” pada 10 Januari1929. Tanggal 10 Januari inilah yang kemudian dijadikan sebagai tanggal kelahiran tokoh Tintin.

Tintin sebenarnya diciptakan berdasarkan tokoh awal yang dibuat oleh herge , yaitu tokoh pandu yang lucu bernama Totor . Komik yang menampilkannya, Les aventures de Totor, chef de patrouille des Hannetons ditulis dalam bahasa Prancis . Atau dalam bahasa Inggrisnya adalah The Adventures of Totor, Leader of the Cockchafer Patrol muncul pertama kali dalam majalah kepanduan berjudul “ Le Boy-Scout Belge ”antara tahun 1926 sampai tahun1929 .

Dalam cerita komik selanjutnya Tintin adalah wartawan muda yang selalu terlibat dalam intrik-intrik internasional yang membahayakan dirinya, namun dengan kecepatannya dalam berpikir dan bertindak, keberaniannya and tak lupa keberuntungannya, dia selalu dapat menyelematkannya dari situasi tersebut.

Hampir dalam setiap petualangan, dia mendapatkan tugas penelitian, namun sangat jarang sekali dia tidak terlibat dalam suatu petualangan. Meskipun komik ini dibuat di Belgia, namun herge sebagai penciptanya tidak pernah melekatkan kebangsaan tertentu pada tokoh desain, Tintin, selain dikatakan bahwa dia dikenal luas sebagai orang Eropa.

Dalam buku-buku awalnya, seperti terlihat pada judul Tintin di Kongo atau Pulau Hitam, terlihat jelas bahwa ia memiliki kebangsaan Belgia. Namun dalam cerita-cerita selanjutnya, kebangsaannya tidak pernah disinggung-singgung lagi. Selain itu dia tidak memiliki sejarah yang jelas tentang keluarga dan sejarahnya, meskipun jika dibaca dengan teliti beberapa adegan dalam episode Laut Merah nama jalan yang ditampilkan adalah nama-nama jalan di Brussel .

Umurnya tidak pernah secara tepat diungkapkan, dimana dia hanya disebutkan sebagai orang dewasa sebagaimana yang disebutkan dalam penjelasan dari dvdnya, namun di saat yang lain disebutkan bahwa dia masih anak-anak, seperti yang disebutkan dalam film serial televisinya.

Di film serial kartunnya, dalam cerita Rahasia Unicorn terlihat bahwa buku paspornya, terlihat bahwa dia terlahir pada tahun 1929 (tahun dimana kemunculannya pertama kali). Berbagai macam surat kabar menyatakan bahwa umurnya adalah sekitar 15 tahun,Time yang menunjukkan bahwa dia adalah kawula muda, sedangkan situs resminya Tintin.com menyatakan bahwa dia berusia antara 16 dan 18.

Meskipun begitu, dalam buku komiknya menganggap dia anak muda dewasa, dimana tidak adanya orang tua yang mendampinginya kemanapun, dan tidak perlunya dia untuk pergi ke sekolah. Dan pada cerita yang lain, dia cukup dewasa untuk masuk ke sebuah pub dan minum segelas bir, seperti yang bisa dilihat pada cerita Pulau Hitam. Jika dicermati agak mendalam, umurnya tetap walaupun ia pernah mengikuti masa penganeksasian China oleh Jepang, (Lotus Biru, 1931) dan terbang dengan sebuah Boeing 707 dalam cerita (Penerbangan 714 ke Sydney, 1968).

*)Detakberita, 10 Januari 2013

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan