-->

Peristiwa Toggle

Andrea Hirata Nominee Penulis Sastra Terbaik Jerman

JAKARTA – Penulis Indonesia Andrea Hirata berhasil meraih nominasi penulis sastra terbaik dalam ajang anugerah sastra Jerman, TB Buchawards 2013. Andrea Hirata berhasil masuk menjadi nominasi bersama tiga penulis lainnya yakni penulis India, Kiran Nagarkar, penulis Australia Stefan Nink dan penulis Jerman Steffen Moller.

Penulis novel Laskar Pelangi itu mengungkapkan panitia TB Buchawards 2013 mengamati tulisan-tulisan sastra bertema budaya dari seluruh dunia.

“Pada tahun ini dinominasikan empat orang penulis sastra terbaik termasuk dari Indonesia,” ujar Andrea, sebagaimana diwartakan situs daring antaranews.com,¬† 28 Januari 2013.

Pengumuman penulis terbaik secara resmi akan dilakukan pada Maret di Berlin. Oleh karena itu, Andrea mengharapkan dukungan dari masyarakat Indonesia, agar sastra Indonesia bisa meraih penghargaan sebagai karya sastra terbaik dalam ajang tersebut.

Laskar Pelangi telah diterbitkan di Jerman oleh penerbit Hanser-Berlin dengan judul Die Regenbogen Truppe. Pada Januari 2013, Laskar Pelangi akan serentak terbit di Australia dan Selandia Baru dengan judul The Rainbow Troops. Kemudian di Turki dengan judul Gokkusagi.

Askerleri, di Belanda dengan judul De Regenboogbende, dan di Spanyol dengan judul La Tropa del Arco Iris. Laskar Pelangi versi Amerika akan diterbitkan oleh penerbit FSG, New York pada Februari 2013.

“Pada bulan yang sama di Kanada oleh penerbit Harper-Collins. Direncanakan sebelum Juni 2013, Laskar Pelangi telah terbit di 78 negara dalam 19 bahasa asing,” jelas Andrea.

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan