-->

Kronik Toggle

Amazon Pasarkan Buku Dongeng Anak Anti-vaksinasi

Washington – Campak bertanggung jawab atas ribuan kematian tragis (yang sebenarnya dapat dicegah) setiap tahun. Namun bagi  Stephanie Messenger, seorang penulis Australia dan aktivis anti-vaksin, campak bukan penyakit yang perlu ditakuti.

Dalam buku berjudul Melanie’s Marvelous Measles itu ia mengajak anak-anak untuk tak takut sakit. Dalam pengantar bukunya, ia menyatakan bukunya mendidik anak-anak tentang manfaat terkena campak dan bagaimana menyembuhkannya secara alami dan berhasil.

“Seringkali saat ini, kita dibombardir dengan pesan-pesan dari kepentingan pribadi untuk takut semua penyakit yang didengungkan seseorang untuk menjual beberapa ramuan obat atau vaksin,” katanya. Faktanya, kata dia, campak adalah penyakit jinak dan secara kesehatan bermanfaat bagi tubuh.

Pengulas di Amazon mentertawakan “petualangan” sakit Messenger. “Melanie beruntung dia tidak mendapatkan pneumonia dari campak nya seperti 1 dalam 15 anak (7%). Aku terkena campak ketika masih balita pada 1950-an sebelum ada vaksin campak. Aku berada di rumah sakit dengan tabung oksigen untuk lebih dari seminggu karena pneumonia bilateral.”

Yang lain menyebut buku ini tidak bertanggung jawab dan menyesatkan. Hal yang terburuk, bisa menyebabkan kematian seorang anak.

Judul Messenger ini tampaknya menyidir buku tulisan Roald Dahl, George’s Marvelous Medicine. Dahl adalah pendukung kuat dari vaksinasi, setelah kematian tragis putrinya akibat campak.

*) Tempo.co, 8 januari 2013

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan