-->

Kronik Toggle

Terduga Pemesan Bukuh Nikah Palsu Ditangkap di Madinah

Surabaya – Penemuan ratusan buku nikah palsu menggerkan pemerintah. Pasalnya tim keamanan misi haji Indonesia Daerah Kerja (Daker) Madinah membekuk seseorang diduga sebagai pemesan ratusan buku nikah.

Ini dibuktikan dengan barang bukti yang ditemukan 2 calon jamaah haji (Calhaj) asal Pamekasan, Abdul Kholik Taufiqurrahman dan Muhammad Rizal yang berhasil lolos hingga Madinah.

Terduga pemesan ratusan buku nikah tersebut, JBZ (62) warga Pamekasan. JBZ warga Pamekasan yang sudah puluhan tahun bermukim di Madinah awalnya menolak ratusan buku nikah tersebut sebagai pesanannya.

JBZ ditangkap di Jeddah, usai tim keamanan haji daker Madinah memancing dengan mengumpankan 2 calhaj orang jamaah yang berhasil lolos membawa 500 buku nikah palsu hingga Madinah.

“JBZ ditangkap petugas misi haji Indonesia daker Madinah pada Minggu siang waktu Madinah. Meski awalnya menolak, JBZ akhirnya mengakuinya,” kata Shirotol Mustaqim saat dihubungi detiksurabaya.com, Selasa (9/10/2012).

Staf Humas PPIH Embarkasi Surabaya ini mengungkapkan jika kabar penangkapan terduga pemesan buku nikah tersebut setelah pihaknya mendapatkan laporan dari PPIH daker Madinah.

“Kini JBZ sedang menjalani proses pemeriksaan di Konjen Indonesia di Jeddah,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kholik diamankan petugas Imigrasi Bandara Pangeran Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah pada 30 September 2012 lalu. Kholik yang saat itu kedapatan membawa 300 buku nikah palsu atau sama dengan 998 buku nikah palsu yang dibawa oleh Bukari Muhammad Ali Rizal-Sunai yang tertangkap di Asrama Haji Embarkasi Surabaya.

Dari penangkapan Kholik, petugas imigrasi menyerahkan ke Misi Haji Indonesia Daker Madinah. Setelah ditelusuri, tim keamanan menangkap juga Rizal di pondokannya dan ditemukan 200 buku nikah palsu.

*)Detik, 9 Oktober 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan