-->

Kronik Toggle

Misbakhun Luncurkan Buku 'Perlawanan dari Penjara Century'

Mukhamad Misbakhun meluncurkan buku ‘Melawan Takluk! Perlawanan dari Penjara Century’ di Hotel Atlet Century, Senin (15/10/2012).

Buku tersebut berisi beberapa catatan Misbakhun selama berada di dalam penjara yang memberikan hikmah. “Penjara, telah menguatkan jati diri dan karakternya. Penjara berhasil menghilangkan rasa takut yang pernah saya punya,” ucap Misbakhun.

Dalam buku tersebut, Misbakhun berbicara dalam perspektif sebagai orang yang hendak dihina dan direndahkan martabatnya, hanya demi kepuasan penguasa yang ingin menunjukkan bahwa mereka punya kekuasaan.

“Kekuasaan itu tidak berbicara dalam perspektif benar salah. Tapi mereka hanya ingin merendahkan. Ingin menghina dan menghancurkan harkat dan martabat. Ingin menunjukkan bahwa melawan kekuasaan itu mempunyai risiko,” ucapnya.

Misbakhun mengungkapkan, kriminalisasi terhadap dirinya akan menjadi noktah hitam perjalanan pemerintah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Padahal, pemerintah SBY selalu mengatakan dirinya sebagai presiden yang menghormati HAM, menjunjung tinggi supremasi hukum, tidak melakukan intervensi hukum. Bagi Misbakhun, semua klaim itu hanya sebuah retorika pencitraan.

“Ketika kita memiliki pemimpin yang lemah, maka kita harus menjadi lawan politik yang kuat. Agar pemimpin yang lemah tersebut menjadi kuat. Karena kita sebagai musuh, mengajarkan kepada kekuasaan menjadi pemimpin yang kuat,” ungkapnya.

*)Tribunnews, 15 Oktober 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan