-->

Kronik Toggle

Ikapi Jabar Gagas Menara yang Ditempeli 30 Ribu Buku di Bandung

Bandung – Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Jabar siap menggagas menara buku di Kota Bandung. Menara itu nantinya disiapkan di sekitar area Tegallega.

“Bentuknya nanti menara yang melingkar yang dihiasi 30 ribu buku,” kata Ketua Ikapi Jabar Anwaruddin saat ditemui usai pembukaan Pameran Buku Bandung 2012 di Gedung Landmark, Jalan Braga, Selasa (2/9/2012).

Anwaruddin saat ini sedang mengomunikasikan gagasan tersebut bersama Pemkot Bandung. Menara buku, kata Anwaruddin, berkaca dari Kota Buenos Aires (Argentina) yang membangun sebuah monumen yang diberi nama ‘Menara Babel’ di alun-alun atau Plaza San Martin.

Menara karya seniman Marta Minujin itu memiliki tinggi 25 meter dan memajang 30 ribu judul buku. Dibangunnya menara tersebut dimaksudkan sebagai penghormatan atas pengangkatan Buenos Aires sebagai Ibukota Buku Sedunia pada 2011 oleh UNESCO.

“Saya punya ide. Kalau saja setiap warga diwajibkan menulis satu buku, apa pun itu. Bayangkan jika 8 juta penduduk Kota Bandung membuat buku bersamaan. Tentu Bandung akan memiliki segunung judul buku. Jadi, kita dapat membangun menara serupa seperti di Argentina untuk memotivasi kota lainnya di Indonesia agar menggiatkan warganya menulis,” tutur Anwaruddin.

Ia ingin mewujudkan Bandung mengikuti jejak Kota Bangkok yang merupakan kota pertama di Asia Tenggara menjadi Ibukota Buku Sedunia. “Rencananya Mei 2013, menara itu dibangun. Kami melibatkan warga, Pemkot, serta para penerbit,” jelasnya.

Walikota Bandung Dada Rosada mendukung menjadikan Bandung sebagai kota buku dan rencana dibangunnya menara buku.

Menurut Dada, konsumsi membaca buku harus ditingkatkan, antara lain menanamkan pemahaman manfaat buku sama dengan kebutuhan pangan, sandang, papan. Masyarakat perlu didorong dan difasilitasi berbelanja buku.

“Selain itu, penulis dan penerbit diharapkan dapat menyajikan buku berkualitas dan harga terjangkau. Mudah-mudahan upaya ini dapat menjadikan Bandung sebagai kota buku,” tutur Dada ditemui di lokasi sama.

*)detik, 2 Oktober 2012

1 Comment

Kuntisari - 03. Okt, 2012 -

“Menara Buku” suatu ide yg menarik, nantinya bisa jadi salah satu tujuan wisata di kota Bandung. Hanya ingin tahu bagaimana nasib buku itu kalau ditempel diluar menara, bisa kena panas dan hujan…

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan