-->

Kronik Toggle

DK Tanahdatar Gelar Workshop Penulisan Cerpen

BATUSANGKAR, SUMBAR–Dewan Kesenian (DK) Tanahdatar menggelar workshop penulisan cerita pendek dan puisi bagi kalangan siswa SLTA dan mahasiswa di aula Kantor Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Batusangkar, Jumat sampai Minggu (7/10).

“Kita harapkan akan muncul penulis cerpen dan puisi dari kalangan generasi muda,” ucap Ketua DK Tanahdatar, Sondri saat acara pembukaan workshop, Jumat.

Ia menyebut workshop ini juga dapat menumbuhkembangkan kebiasaan membaca dan menulis cerpen dan puisi di kalangan pelajar, mahasiswa serta masyarakat.

Sondri menambahkan peserta workshop nantinya dapat menulis cerpen dan puisi tentang asal usul kebudayaan Minangkabau sehingga dapat menjaga tradisi, melestarikan dan mengembangkan budaya lokal yang dimiliki.

“Kehadiran para sastrawan dan aktifitas berkesenian yang berkelanjutan diharapkan berdampak positif dan saling ketergantungan membuat jejaring nilai ekonomi seperti pariwisata, kuliner dan sebagainya,” tutur Sondri.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Tanahdatar, Marwan memberi apresiasi kepada Dewan Kesenian dan berharap kegiatan serupa dapat terus belanjut.

“Pemerintah daerah menyambut baik kegiatan pelatihan penulisan cerpen dan puisi ini sehingga nantinya menjadi budaya bagi pelajar, mahasiswa dan masyarakat,” tuturnya.

Pada workshop ini akan memberikan materi dua instruktur terkenal yakni penyair Iyut Fitra dan sastrawan Gus TF Sakai.

Hadir pada acara pembukaan Kepala Dinas Pendidikan Indra Kesuma, Kepala BP3 Batusangkar diwakili Agus Tri Mulyono, para kepala sekolah, dan pengurus Dewan Kesenian Tanahdatar.

*0antara, 6 Oktober 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan