-->

Kronik Toggle

Sastrawan Seno Gumira Ajidarma Tolak Bakrie Award

JAKARTA — Freedom Institute kembali akan menganugerahkan Penghargaan Achmad Bakrie (PAB) kepada sejumlah tokoh. Salah satu tokoh yang terpilih menerima penghargaan PAB 2012 ini adalah sastrawan Seno Gumira Ajidarma. Namun, Seno menolak menerima penghargaan ini.

Penolakan Seno atas penghargaan yang sering disebut Bakrie Award ini disampaikan melalui rilis tertanggal 23 Juli 2012 dan diupload di blog pribadinya: duniasukab.com. Berikut rilis lengkap Seno tentang penolakan Bakrie Award:

Bersama ini saya sampaikan, bahwa saya telah menerima surat bertanggal 12 Juni 2012 dari Freedom Institute yang ditandatangani Sdr. Rizal Mallarangeng. Surat tersebut memberitahukan bahwa saya terpilih sebagai penerima Penghargaan Achmad Bakrie (PAB) 2012 bidang Kesusastraan. Sehubungan dengan kemungkinan diumumkannya para penerima PAB 2012 pada tanggal yang belum saya ketahui, saya menyatakan bahwa saya telah mengirim surat bertanggal 18 Juni 2012 kepada pihak Freedom Institute, yang menyampaikan bahwa penghargaan tersebut sebaiknya diberikan kepada orang lain yang dianggap layak, karena saya tidak dapat menerimanya.

Demikianlah pernyataan ini saya sampaikan, demi kelengkapan berita ketika diumumkan.

Jakarta, 23 Juli 2012

Tertanda

Seno Gumira Ajidarma

Seno Gumira merupakan sastrawan,fotografer dan juga seorang kritikus film Indonesia. Karya-karya sastranya meliputi kumpulan cerpen, drama, novel dan komik.

Cerpen-cerpen sastrawan kelahiran Boston tanggal 19 Juni 1958 itu muncul di banyak media nasional. Selain menulis, ia juga mengajar di IKJ pada mata kuliah Penulisan Kreatif dan Kritik Film.

Sudah banyak buku Seno yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama. Antara lain Sebuah Pertanyaan tentang Cinta, Atas Nama Malam, Kematian Donny Osmond, dan Sepotong Senja untuk Pacarku.

Karya-karya sastra Seno juga dipublikasikan di blog pribadinya.

Kliping: detikdotcom, 3 Agustus 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan