-->

Kronik Toggle

Penulis Amerikal Gore Vidal meninggal

Penulis dan komentator sosial Amerika kenamaan Gore Vidal meninggal dalam usia 86 tahun.

Dia meninggal di rumahnya di Los Angeles Selasa malam, diduga karena komplikasi radang paru-paru.

Gore Vidal telah menulis 25 novel dan lebih dari 200 esai sertai beberapa drama. Di antara novelnya yang terlaris adalah Burr and Myra Breckenridge.

Lahir pada tahun 1925, Eugene Luther Vidal berasal dari salah satu keluarga ternama di Amerika Serikat.

Vidal mengambil nama keluarga ibunya Gore dan menjadikannya sebagai namanya.

Dia termasuk di antara generasi penulis sastra yang dikenal sebagai selebriti sesungguhnya – sering tampil dalam obrolan di televisi dan disebut-sebut dalam kolom gosip.

Di antara kawan-kawannya antara lain mendiang Frank Sinatra, Tennesse Williams dan Orson Welles.

Dia juga dekat dengan keluarga Kennedy; terutama Jackie Kennedy, yang juga saudara tirinya.

Tidak selalu mulus

Vidal mengajukan diri sebagai anggota Kongress Amerika pada tahun 1960 dan 1982, namun dua-duanya tidak berhasil memberinya kursi.

Dia menulis bukunya yang pertama pada usia 19 tahun. Dalam perjalanan selanjutnya dia berhasil menjadi salah satu penulis terkemuka di Amerika.

Namun perjalanan karirnya tidak selalu mulus. Bukunya yang kedua, The City and the Pillar, berkisah tentang homoseksualitas, yang pada masanya sangat kontroversial.

Toko-toko buku menolak menjual buku tersebut dan Vidal mendapat cercaan hampir sepanjang tahun 1950an yang memaksanya menulis dengan menggunakan nama samaran.

Namun akhirnya pada tahun 1970an dan 1980an dia banyak disanjung karena novel sejarahnya yang berdasar atas kehidupan tokoh-tokoh Amerika seperti Abraham Lincoln.

Bagaimanapun dia tidak selalu merasa nyaman dengan kalangan sastrawan dan politik. Dia terlibat pertikaian panjang dengan rekan-rekannya, seperti pengamat konservatif William F Buckley Jr dan penulis Norman Mailer, yang oleh Vidal disebut mirip pembunuh terkenal Charles Manson.

Kakek Gore Vidal, TP Gore, adalah senator dan ayahnya pernah menjadi Menteri Penerbangan pada masa Presiden Franklin D Roosevelt.

*)Tribunnews, 1 Agustus 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan