-->

Kronik Toggle

Penjualan Kitab Suci Alquran di Bulan Ramadan Melonjak 40 Persen

Jakarta – Antusiasme umat muslim menjalani ibadah di bulan Ramadan cukup tinggi dibanding bulan-bulan biasa. Hal ini bisa terlihat dari penjualan buku-buku Islami dan kitab suci Alquran di Jakarta meningkat 40 persen. Alquran terjemahan, Pena Alquran, buku doa dan buku ibadah menjadi yang paling dicari oleh umat muslim.

“Tujuh hari sebelum dan tujuh hari masuk Ramadan, ada peningkatan pembelian. Peningkatan pembelian Alquran 40 persen, pembelian buku Islami juga naik 40 persen,” cerita manajer Toko Buku Wali Songo, Supriyatna kepada detikramadan, Rabu (1/8/2012).

Supriyatna juga mengatakan bahwa buku yang banyak dicari adalah buku ibadah seperti buku tuntutan salat dan buku doa.

“Kalau Alquran, banyak dicari yang Alquran terjemahan lengkap dengan tajwid dan hadistnya. Saat ini juga banyak yang pesan Alquran untuk wakaf. Kalau untuk wakaf, mintanya yang simpel, yang biasa ada di masjid,” lanjutnya.

Pengunjung toko buku Wali Songo pun meningkat hampir dua kali lipat. Jika di hari biasa, pengunjung sebanyak 300 orang per hari, di bulan Ramadan bisa meningkat hingga 500 orang per harinya. Sementara ketika sudah mendekati Lebaran, pembeli akan beralih membeli baju muslim.

“Kita tidak hanya menyediakan buku, ada CD, baju muslim, dan kaligrafi. Kalau sudah mendekati lebaran, nanti baju muslim yang ramai pembeli,” tambah Supriyatna.

Tak berbeda dengan di Wali Songo, penjualan buku Islam dan Alquran di Toko Buku Gunung Agung juga mengalami peningkatan.

“Ramadan ini memang ada peningkatan. Kalau buku, yang banyak dibeli buku salat, buku doa, dan buku motivasi. Penjualan Alquran juga naik. Yang banyak dicari adalah Alquran kecil tapi lengkap, ada terjemahan, hadis, dan tajwidnya,” ujar staf Marketing Toko Buku Gunung Agung, Debi.

Selain Alquran cetak, pena Alquran pun banyak dipesan. Meski harganya yang relatif mahal yakni sekitar Rp 1 juta, Toko Buku Gunung Agung bulan ini menerima 15 pesanan pena Alquran.

“Sudah ada 15 pesanan pena Alquran. Pena Alquran itu sepaket Alquran dan pena. Kalau pena disentuhkan ke halaman Alquran, dia bisa mengeluarkan suara mengaji, sesuai dengan halaman yang disentuhnya,” tambah Debi.

( rmd / rmd )

*)Deetik, 1 Agustus 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan