-->

Lainnya Toggle

Pendapatan Perempuan Penulis Mulai Menanjak

New York – Dengan estimasi pendapatan tahunan lebih dari 90 juta dolar AS, penulis produktif James Patterson memperkokoh posisinya sebagai penulis dengan penghasilan terbesar di dunia tahun ini, namun para penulis perempuan ternyata tetap lebih populer, menurut Forbes.com.

Stephen King, penulis buku “11/22/63” dan sejumlah buku lain, berada di posisi kedua dalam daftar Forbes itu, dengan pendapatan 39 juta dolar AS, yang disusul oleh Janet Evanovich, menulis buku misteri “Stephanie Plum”–yang merupakan perempuan pengarang dengan pendapatan tertinggi di antara perempuan penulis lainnya, dengan total pendapatan 33 juta dolar AS.

Sementara itu penulis buku “thriller” John Grisham berada tidak jauh di belakang Evanovich dengan pendapatan 26 juta dolar AS. Daftar lima besar itu ditutup oleh Jeff Kinney, yang menulis serial “Kid Wimpy”, dengan penghasilan sebesar 25 juta dolar AS.

Jeff Bercovici, dari Forbes.com, mengatakan bahwa sebagian besar nama dalam daftar itu adalah nama-nama pengarang yang cukup akrab di publik, termasuk Patterson.

“Mestro thriller, yang karya fantasi kelompok muda-dewasanya dan fiksi ilmiahnya sukses besar, dengan pendapatan menabjubkan mencapai 94 juta dolar AS tahun ini. “

Namun menurut dia justru tiga perempuan pengarang, Suzanne Collins, E.L. James dan J.K. Rowling, yang membuat dampak besar di dunia.

Collins, yang berada di peringkat delapan dengan penghasilan 20 juta dolar AS meraih sukses fenomenal dengan serial “Hunger Games” nya. Seri pertama dari buku itu telah diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama.

Sementara itu J.K Rowling, penulis “Harry Potter”, berada di posisi 10 dengan pendapatan sebesar 17 juta dolar AS. Pengarang asal Inggris itu mulai menyeberang ke pasar dewasa dengan buku “The Casual Vacancy”–yang akan diterbitkan pada September.

James, penulis buku erotis “Fifty Shades of Grey”–yang sukses luar biasa, diperkirakan mengantongi penghasilan lebih dari 1 juta dolar AS dalam satu pekan selama berada di puncak popularitas. Dia tidak masuk dalam daftar Forbes.com kali ini tapi diperkirakan akan masuk dalam daftar tahun depan.

Forbes.com menyusun estimasi pendapatan itu dari Mei 2011 sampai Mei 2012 dan pertemuan dengan para ahli termasuk penerbit, agen dan penulis. Mereka juga meninjau data penjualan buku serta Nielsen BookSacan.
(G003)

*)Antara, 10 Agustus 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan