-->

Kronik Toggle

Pemkab Sleman Kelola Arsip dengan Benar

Sleman – Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, berupaya mengelola arsip dengan baik dan benar guna mendukung keterbukaan informasi publik.

“Arsip memiliki peran yang penting dalam suatu kegiatan pemerintahan dan pembangunan, terutama dalam memberi dukungan terhadap tertib administrasi dan kelancaran pengambilan keputusan,” kata Wakil Bupati Sleman Yuni Satia Rahayu saat membuka pertemuan forum kearsipan di Sleman, Kamis.

Menurut dia, arsip merupakan sumber informasi yang penting sehingga dapat dijadikan bukti otentik.

“Informasi yang terkandung di dalam arsip berisi hal-hal yang benar dan tidak dibuat-buat. Hal ini tentu saja menjadikan banyak orang ingin dapat mengakses arsip tersebut,” katanya.

Ia mengatakan, begitu strategisya fungsi arsip ini, maka Pemkab Sleman berupaya untuk mengelola arsip secara baik dan benar, terlebih dengan berlakunya UU Keterbukaan Informasi Publik, semakin menuntut Pemkab Sleman untuk menata dan pengelolaan kearsipan yang baik dan benar sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

“Selain terus meningkatkan profesionalisme dan kapasitas arsiptaris serta pengelola arsip, kerjasama antar arsiptaris dan pengelola arsip lintas instansi khususnya di DIY ini, harus terus ditingkatkan,” katanya.

Yuni mengatakan, melalui kerja sama dan silaturahmi yang erat, maka di antara pengelola arsip dapat saling bertukar pikiran, informasi serta saling mengisi kekurangan masing-masing.

“Keberadaan Forum Masyarakat Kearsipan ini, harus benar-benar dimanfaatkan untuk meningkatkan profesionalisme dan kapasitas para pengelola kearsipan, guna mendukung terwujudnya tata pemerintahan yang baik, serta pelayanan yang optimal,” katanya.

Wakil Bupati juga memberikan apresiasi kepada arsiparis Kabupaten Sleman yang telah berhasil meraih juara satu dan dua, pada ajang Lomba Arsiparis Teladan Tingkat Propinsi DIY tahun 2012.

“Prestasi yang diraih dapat mendorong para arsiptaris dan pengelola arsip yang lain, untuk juga dapat berprestasi. Namun yang lebih penting adalah, prestasi yang diraih ini, dapat semakin meningkatkan kinerja bidang kearsipan di Kabupaten Sleman,” katanya.

Kepala Kantor Arsip Daerah Kabupaten Sleman Sudarningsih mengatakan pertemuan Forum Masyarakat Kearsipan ini memiliki manfaat yang sangat penting, untuk mendukung upaya memasyarakatkan arti pentingnya arsip.

“Mengingat dari nilai pentingnya arsip semua orang akan mengatakan bahwa arsip itu penting atau sangat penting, bahkan pakar kearsipan mengungkapkan bahwa dunia tanpa arsip adalah dunia tanpa memori, tanpa kepastian hukum, tanpa sejarah, tanpa kebudayaan dan tanpa ilmu pengetahuan serta tanpa identitas kolektif,” katanya.

(V001/M026)

*)Antara, 30 Agustus 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan