-->

Lainnya Toggle

OBITUARI | Kritikus Seni Robert Hughes Meninggal

Kritikus seni serta penulis kondang asal Australia, Robert Hughes, meninggal dunia di usianya yang ke-74 di New York setelah sakit yang cukup lama.

Hughes memberikan kontribusi yang besar untuk dunia seni dan cerita mengenai sejarah Australia.

Pada tahun 1980, dia memperkenalkan serial televisi berjudul The Shock of the New, sebuah tayangan yang berisi perkembangan seni sejak masa Impresionis.

Koran New York Times pernah mendeskripsikan Hughes sebagai kritkus seni yang paling terkenal di dunia.

Hughes meninggal di rumah sakit Calvary di Bronx, menurut istrinya Doris.

“Dia sudah sakit selama beberapa waktu.. Rincian mengenai pemakaman serta peringatan akan diberitahukan pada waktunya,” kata Doris seperti dikutip dalam laman web bbc.co.uk

Anggota parlemen Australia, yang menikahi keponakan Hughes, menulis dalam akun twitternya sesaat setelah kematian Hughes. Dia menulis, “Selamat jalan kawan tersayang. Istirahat dalam damai.”

Lahir di Sydney, Robert Hughes menjadi bagian dari generasi 1960-an yang pindah ke Eropa dan Amerika Serikat untuk mencari pengalaman dan karir baru.

Dia mulai menulis untuk Daily Telegraph, Spectator and Times, sebelum pindah ke New York untuk menjadi kritikus seni di majalah Time.

Meski hubungannya dengan tanah kelahirannya tidak baik, dia tidak pernah mengubah kewarganegaraannya.

Pada tahun 1987, dia menuliskan karya terlarisnya The Fatal Shore, yang bercerita mengenai kehidupan keras seorang narapidana di masa awal pendudukan Eropa di Australia.

Secara terang-terangan, terkadang kasar, Hughes menjadi pendukung pergerakan Republik yang terkemuka.

*)Kompas, 8 Agustus 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan