-->

Kronik Toggle

Hingga Hari Terakhir, Surabaya Berhasil Kumpulkan 6.500 Buku

Surabaya berhasil mengumpulkan 6.500 buku dalam acara Hikmah Puasa Berbagi Buku hingga Minggu (5/8/2012) malam.

Jumlah itu melampui pengumpulan buku di 3 kota lain yang lebih dulu memulai yaitu Medan, Bandung dan Jakarta. Di Surabaya, selama 5 hari digelar mulai 1 hingga 5 Agustus 2012 di Atrium Tunjungan Plaza 2 (TP) 2, telah terkumpul 6.500 buku.

Di hari terakhir ini, Tri Rismaharini Walikota Surabaya berkesempatan hadir untuk menerima secara simbolis hasil pengumpulan buku-buku tersebut. Risma merasa terharu karena mengingat masih banyak masyarakat yang sangat membutuhkan buku.

“Terima kasih kepada semua pihak yang membantu memberikan seluruh koleksi bukunya, bahkan mungkin kesayangannya kepada kami Pemkot Surabaya,” kata Risma dalam sambutannya.

Mantan Kepala Bappeko Surabaya ini masih ingat betul ketika dirinya menggagas pojok baca dan taman bacaan beberapa waktu lalu. Ketika itu, ia melihat sendiri anak-anak yang tidak bisa membeli buku sehingga akhirnya putus sekolah.

“Waktu itu sangat berat karena mereka ingin buat perpustakaan mewah. Saya menentang ini. Karena kalau anak miskin, susah transport,” lanjutnya.

Akhirnya, Risma pun mencoba mendirikan taman bacaan di 50 lokasi. Keputusan ini ternyata disambut positif. HIngga kini sudah ada 494 lokasi taman bacaan ataupun pojok baca yang bisa dimanfaatkan anak-anak maupun masyarakat untuk membaca.

Karena itu, Risma menerima dengan senang hati sumbangan buku-buku tersebut. Karena hal ini sangat bermanfaat bagi anak-anak dan masyarakat.

Andry Swaputra Perwakilan PT Djarum sebagai penggagas Hikmah Puasa : Berbagi Buku mengatakan jumlah 6.500 buku yang terkumpul memang di luar ekspektasinya. Semula, tidak ada target berapa buku yang harus terkumpul.

Tapi, ternyata melalaui jejaring sosial, situs dan dukungan komunitas, banyak yang memberikan sumbangannya. Buku memang menjadi concern PT Djarum dalam momen Ramadhan tahun ini.

“Ini pertama kalinya kita mengusung buku untuk berbagi. Buku sebagai salah satu yang vital,” kata Andry, Minggu (5/8/2012).

Tidak semua jenjang pendidikan di Indonesia beruntung bisa mengenyam buku-buku. Karena itu, daripada buku hanya menumpuk sebagai koleksi, PT Djarum pun mendorong sebagian masyarakat untuk menyumbangkan koleksi bukunya.

Rencananya, buku-buku itu akan disalurkan ke perpustakaan Pemkot Surabaya. Selain itu, melalui Yayasan Nusa Membaca, buku akan disalurkan ke seluruh Indonesia.

Kegiatan Hikmah Puasa : Berbagi Buku didukung Yayasan Nusa Membaca, Komunitas Kaskus, Komunitas Hijabee, 1001 Buku dan Suara Surabaya. Selain pengumpulan buku di drop box, sumbangan buku juga diterima melalui www.hikmahpuasa.com. Lewat situs tersebut, sudah ada 69 ribu buku yang didonasikan dari seluruh Indonesia.(git)

*)Suarasurabaya, 5 Agustus 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan