-->

Lainnya Toggle

Editor Cosmopolitan tutup usia

Helen Gurley Brown, konseptor dan pemimpin redaksi majalah Cosmopolitan dan penulis Sex and the Single Girl, meninggal dunia pada usia 90 tahun.

Brown wafat di New York tidak lama pasca dilarikan ke rumah sakit.

Ia dikontrak oleh perusahaan penerbit Hearst untuk mengembangkan Cosmopolitan tiga tahun sesudah buku larisnya meledak pada 1962. Ia memimpin Cosmopolitan selama 32 tahun.

Dibawah kepemimpinannya, majalah itu menjadi terkenal karena mendorong perempuan untuk berhubungan seks, terlepas dari status pernikahan mereka.

Brown mengatakan tujuannya adalah mengatakan pada pembaca “bagaimana caranya mendapatkan yang terbaik dari hidup yaitu uang, pengakuan, sukses, pria, gengsi, kekuasaan dan harga diri, apa pun yang ia inginkan.”

Walikota New York Michael Bloomberg menyampaikan belasungkawa dan mengatakan New York City telah kehilangan “perintis yang membentuk kembali bukan hanya seluruh industri media, tetapi juga budaya bangsa.”

“Ia adalah panutan bagi jutaan perempuan yang menuangkan pikirannya, rasa ingin tahu serta impiannya dengan sangat brilian ke media cetak. Ia adalah perwujudan dari seorang warga New York sejati: tidak permah tahun untuk mengutarakan pendapatnya dan selalu penuh nasihat.”

Brown lahir di Arkansas pada 18 Februari 1922 dan pindah ke Los Angeles sesudah ayahnya meninggal.

Ia menjadi lulusan terbaik dari SMA Politeknik John H Francis pada 1939 sebelum bekerja sebagai sekretaris di berbagai biro iklan.

Ketika mendapat kesempatan menulis teks iklan pertamanya, ia mulai memenangi banyak penghargaan dan menjadi wanita dengan bayaran tertinggi di pantai barat.

Ia menikah pada usia 37 dengan seorang mantan redaktur pelaksana Cosmopolitan dan produser film David Brown, yang mengilhaminya untuk menulis buku Sex and the Single Girl.

Buku itu diterbitkan di 28 negara dan diterjemahkan ke 16 bahasa.

*) BBC Indonesia, 14 Agustus 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan