-->

Ruang Toggle

Warung Arsip

Logo Warung Arsip(2)Warung merujuk pada makna harfiahnya adalah sebuah tempat paling kecil di gang-gang yang dimiliki orang-orang kecil untuk aktivitas ekonomi yang tak kalah kecilnya. Warung itu menjual kebutuhan sehari-hari masyarakat dalam volume yang sangat terbatas. Warung Arsip dimaksudkan sama seperti fungsi warung yang dipahami masyarakat, namun yang ditampilkan di sini adalah benda-benda literasi yang memiliki nilai historis bagi perjalanan masyarakat Indonesia, seperti terekam dalam buku, koran, kamera, kaset, maupun video.

Indonesia Buku yang konsens dengan dunia buku dan arsip menjadikan Warung Arsip sebagai showroom ekonomi kecil dan menengah bagi koleksi-koleksi yang sudah dikumpulkan sejak 3 dekade silam. Kami menyebut aktivitas ekonomi ini sebagai kewirausahaan sosial (social entrepreneurship). Kegiatan ekonomi berbasis kewirausahaan sosial dari Warung Arsip ini tak sepenuhnya usaha ekonomi memperkaya individu atau perusahaan, melainkan keuntungan diolah Komunitas Indonesia Buku (IBOEKOE) untuk: (1) pemeliharaan artefak arsip dan (2) penyelenggaraan program-program yang menyokong keberlanjutan seluruh kegiatan literasi.

Jenis benda literasi di warung arsip terbagi dua: ada yang ditampilkan gratis dan ada pula yang berbayar. Arsip berbayar inilah yang menjadi modal untuk arsip itu sendiri untuk memelihara dirinya yang memang sangat mahal lantaran mendapat pemeliharaan yang sangat spesial.

Warung Buku

Buku-buku yang tersedia di sini adalah jenis second hand, baik yang berhasa asing maupun Indonesia. Jika buku sudah sangat langka, warung hanya menyediakan versi digitalnya.

Warung Kliping

Kliping-kliping yang tersedia adalah koleksi sejak 1909 hingga terkini dari pelbagai tema besar; mulai dari politik, ekonomi, hukum, sosial, budaya, energi, maritim, tokoh, olahraga, kawasan, buku, dan sebagainya. Ada yang berbentuk berita, esei, feature, laporan-laporan khusus, bahkan lembar-lembar iklan.

Warung Foto

Arsip tentang foto, baik yang terdapat di halaman koran lama maupun berasal dari fotografer yang berkisah tentang apa saja, termasuk pemerintahan, tokoh, kehidupan sehari-hari masyarakat, maupun album foto warga.

Warung Suara

Arsip pelbagai suara dari ragam tema: pembacaan sastra, wawancara diskusi, biografi yang diceritakan secara lisan, pidato, dan sebagainya.

Warung Video

Arsip “gambar-gambar idoep” yang diproduksi pelbagai komunitas di Indonesia. Termasuk di dalamnya film dokumenter, berita televisi, portofolio organisasi, iklan, maupun karya senirupa.

Kantor Pusat:

Jl Patehan Wetan No 3, Alun-Alun Selatan, Keraton, Yogyakarta | Telp 0274-372690 Mobile 087839137459 | Email: iboekoe@gmail.com, redaksi@indonesiabuku.com | twitter @radiobuku | facebook Radio Buku Livestreaming

http://warungarsip.com

5 Comments

Rendra Tris Surya - 23. Agu, 2012 -

Hello..
Saya dosen, tinggal di Bandung…
Tgl 13 sd 14 September mau jalan2 ke Yogya… Sekalian mau mampir di warungarsip. Boleh khan..?
Saya mau baca2 (dan membawa photo kopi) beberapa tulisan dari koran2 lama…

Bagaimana biayanya…?

Wass,

Rendra Tris Surya
———-

NB:

Jawaban dikirim juga ke e-mail saya ..

Admin Iboekoe - 24. Agu, 2012 -

Silahkan, dengan senang hati. Soal biaya fotokopi bisa koordinasi langsung dengan Mbak khotim di(0274)-372690 | 087839137459 (iyung) | 081225187655 (Muhidin)|

Aditya - 18. Okt, 2012 -

Selamat siang…
Untuk saat ini, saya sedang meneliti tentang iklan-iklan cetak lawas…apa ada arsip di disini?khususnya untuk iklan Vespa di majalah-majalah era tahun 70’an. Terima kasih.

Andrias Arifin - 22. Jan, 2013 -

saya pesan buku ke warungarsip.
saya sudah mengisi form yang diminta, tapi tetap saja ada kesalahan. Berita kesalahannya begini: Terdapat 1 error:alias terlalu panjang.(Panjang maksimum: 32)
Maksudnya bagaimana? Frustrasi saya dibuatnya 🙂

mohon pencerahannya. Trims…

IBOEKOE - 23. Jan, 2013 -

iya, mungkin nama alias terlalu panjang. Kami mencoba mendaftar, tapi tak ada masalah….

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan