-->

Kronik Toggle

Sedekah Buku Jelang Ramadhan

IBOEKOE, BOJONEGORO- Apa yang dilakukan 3 orang siswa SMA N 2 Bojonegoro menyambut Ramadhan ini patut ditiru. Mereka bersedekah buku dengan mengadakan pelatihan menulis resensi bagi kawan-kawannya di tim redaksi majalah sekolah, Zag Zag. Pelatihan yang digelar kemarin (19/7) di SMA 2 Bojonegoro itu  diikuti sekitar 15 siswa. Pelatihan dipandu oleh Diana AV Sasa, salah satu penulis buku Berguru Pada Pesohor:Panduan Wajib Menulis Resensi.

Adalah Alinur Awwalina, Olyvia Dian Hapsari, dan Nadhia Ayu Permata tiga orang siswa yang menyedekahkan sebagian dari hadiah mereka mengikuti lomba. Alina meraih juara 3 lomba menulis essai se Bojonegoro yang diselenggarakan Sindikat Baca dan Yayasan Peran Indonesia . Ia mendapat hadiah kaos, piala, piagam dan uang 1 juta rupiah.  Sementara Olyv di lomba yang sama mendapat juara harapan 1 dan mengantongi uang 500 ribu rupiah. Sedangkan Nadia menang juara  2 radio Broadcaster “Mio City Invasion.

“Awalnya kami mau buat bakti sosial, tapi atas saran Pak Guru Prawoto kami akhirnya memilih menyelenggarakan pelatihan menulis. Ini kan beramal dengan buku, berbagi ilmu, manfaatnya juga lebih panjang,” tutur Alina.

Olyv menimpali pendapat sahabatnya,”Biasanya kami kan traktir teman-teman makan, kali ini istimewa, kami traktir mereka pengetahuan. Lebih barokah, nambah semangat menyambut puasa”.

Sementara itu Prawoto, blogger aktivis buku yang juga  guru pendamping ekstrakurikuler jurnalistik di sekolah itu mengaku bangga atas apa yang dilakukan anak didiknya.

“Anak-anak ini memang istimewa. Saya sengaja mendorong mereka untuk membaca dan menulis. Hasilnya cukup menggembirakan. Mereka sering menang lomba menulis dan banyak yang tulisannya sudah dimuat di media lokal. Dengan pelatihan ini saya ingin mengajari mereka tentang cara lain bersedekah, buku adalah salah satunya,” paparnya.

Diana Sasa yang mengisi pelatihan mengacungkan dua jempol untuk apa yang dilakukan anak-anak itu.

“Saya kaget dan sekaligus bangga, haru melihat semangat anak-anak ini. Menyisihkan sebagian dari rejekinya untuk berbagi pengetahuan dengan kawan-kawan lain. Mereka ini luar biasa. Bayangkan, mereka mengenal karya-karya sastra klasik maupun baru. Tadi saya lihat mereka membawa “Madre”-nya Dee.,” kata Diana bersemangat.

“Ketika saya sebut Pram, mereka juga tahu. Itu kan keren. tak banyak anak sekarang yang mengenal karya-karya sastra seperti itu. Tulisan mereka juga cukup bagus, tinggal banyak latihan saja. Saya senang diundang untuk berbagi ilmu dengan mereka. Saya percaya anak-anak ini akan semakin mencintai membaca dan menulis ke depannya.” pungkas Diana.

Diakhir acara, Diana membagikan karya yang ditulis bersama Muhidin M Dahlan berupa e-book buku Berguru Pada Pesohor dan satu buku Para Penggila Buku untuk perpustakaan sekolah. (/sa)

6 Comments

Prawoto - 20. Jul, 2012 -

Kalo kata anak-anak SMA, berita diatas itu “soo sweet”, anak-anak SMAdaBO (SMAN 2 Bojonegoro) akan makin semangat dan trus membaca. Salam dari Bojonegoro

aylla - 20. Jul, 2012 -

salut buat oliv, alin, dan nadia

Omprauw - 21. Jul, 2012 -

ya dunk ini perlu di lanjutkan…

Tukang Jengker - 20. Jul, 2012 -

Keren Temen2 Zig-Zag SMA 2 Bojonegoro di awal menyambut Ramadhan

Omprauw - 21. Jul, 2012 -

Ayo tukang jengker… dibantu dunk kami.. ngumpulin sedekah buku untuk membantu anak-anak di Gondang pedalaman sana,…

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan