-->

Kronik Toggle

PKS: PNRI Harus Ubah Paradigma Pelayanannya

JAKARTA – Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi X DPR RI dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) membahas tentang pendalaman RKP Tahun Anggaran 2013.

Dalam RDP tersebut, anggota Komisi X meminta agar rencana anggaran dan juga prioritas program PNRI dapat dioptimalkan.

Menurut Ahmad Zainuddin, anggota DPR dari Fraksi PKS, perpustakaan harus mendapat perhatian yang serius dari pemerintah karena perpustakaan selama ini belum mendapatkan prioritas utama.

“Hal ini terbukti dengan anggaran perpustakaan tahun 2012 ini hanya sekitar 300 miliar setahun, bandingkan dengan anggaran Ujian Nasional yang mencapai angka 600 miliar. Ini menjadi ironis sekali jika dilihat dari peran dan fungsi perpustakaan itu sendiri,”ujarnya.

Namun demikian anggota Komisi X ini juga menyoroti tentang lemahnya pengorganisasian dan pelayanan yang dilakukan oleh PNRI selama ini.

Komisi X beranggapan, PNRI harus merubah paradigma dalam operasional pelayanannya. Masih lemahnya standar pelayanan PNRI ini sangat disayangkan mengingat lemahnya minat masyarakat yang mengunjungi perpustakaan lebih disebabkan oleh tata kelola perpustakaan yang kurang memadai.

Di sisi lain minat pengunjung terhadap perpustakaan yang dimiliki perorangan ataupun yang dikelola oleh swasta cukup tinggi. Tentu hal itu disebabkan oleh karena adanya perbedaan dalam hal konsep tata kelola dan pelayanannya.

Untuk itu Ahmad Zainuddin, mendesak pemerintah untuk lebih memberikan dukungan penuh terhadap pengelolaan PNRI agar bisa lebih baik ke depannya.

*)Tribunnews, 5 Juli 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan