-->

Kronik Toggle

Minat Baca Siswa Tinggi, Perpustakaan Minim

BORONG – Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai Timur, Selamat Fransiskus prihatin minimnya fasilitas perpustakaan di Manggarai Timur. Padahal, kata dia, minat baca siswa baik SD, SMP maupun SMA sangat tinggi.

Disebutkannya, di Kabupaten Manggarai terdapat 402 sekolah mulai SD, MI, SMP, SMA dan MA. Namun fasilitas perpusatakaan totalnya baru 187 unit. Fasilitas yang kurang ini tidak menunjang kemampuan anak-anak di bidang membaca.

Fransiskus menegaskan, sekolah bertugas mendidik siswa dan siswi agar cerdas dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Untuk peningkatan ilmu pengetahuan, sumber utamanya berada di perpustakaan. “Bagaimana ilmu pengetahuan siswa dan siswi ditingkatkan tanpa ada perpustakaan?” tanya Fransiskus.

Menurutnya, wadah untuk menyalurkan kemampuan siswa dan siswi dari tingkat SD sampai SMA belum tersedia dengan baik. Dia mencontohkan, waktu istirahat, sekolah berani memberikan bola untuk bermain, dan anak-anak pun bermain, itu karena ada fasilitasnya. “Coba ada perpustakaan, pasti anak-anak akan terus membaca buku-buku selain yang diberikan oleh guru-guru,” katanya.

*)Kompas.com, 19 Juli 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan