-->

Lainnya Toggle

Lomba Cerpen yang Menipu

oleh Hasta Indriyana

PADA mulanya saya membaca pengumuman lomba di http://www.indonesiaartnews.or.id/opportunitiesdetil.php?id=498 (selengkapnya ada dalam lampiran, red) atas pemberitahuan kawan. Alamat itu lalu saya bagi ke beberapa temann, maksudnya siapa tahu mereka tertarik ikut lomba.

Singkat cerita, lomba yg katanya mau diumumkan tanggal 21 April ternyata tidak ada pengumumannya. Dan bahkan blog yg panitia bikin, www.panitia-lmdhui.blogspot.com mati menjelang diumumkan dan kontak panitia atas nama Nadia Ulfa ((0853-73651987) tak bisa dihubungi.

Begitulah kisah 2 kawan saya yang ketipu, yang kebetulan keduanya ikut 2 lomba sekaligus: Cerpen dan Puisi. Artinya, mereka telah kehilangan uang pendaftaran Rp.50.000,- kali dua kategori. Buku “Tuhan tak Pernah Tidur” yg dijanjikan pun tak kunjung sampai.

Saya, yang juga kadang suka mengikuti lomba-lomba mengimbau pada kawan-kawan untuk hati-hati, pelajari pengumuman tersebut, panitia dan institusi jelas atau tidak, terutama bagi lomba-lomba yg memungut biaya pendaftaran (tidak bermaksud menggeneralisir).

Saya teringat 5 tahun yang lalu ketika seorang kawan hampir ketipu dalam sebuah sayembara fotografi tingkat internasional yg penyaringannya berjenjang dan ketika lolos satu tahap diminta sekian dolar. Untunglah kawan saya waspada alias batal ketipu. Maka, bagi kawan-kawan, pelajari jika menemukan pengumuman sayembara menulis, fotografi, desain, aransemen, dan lain-lain, siapa tahu harapan akan eksistensi dan hadiah berubah jadi umpatan yang tak perlu. Tabik.

Hasta Indriyana, guru honorer.

***
LAMPIRAN TENTANG LOMBA YANG MENIPU ITU:


Lomba Menulis CERPEN Dari Hati Untuk Indonesia


Persyaratan lomba

1. Lomba ini terbuka untuk pelajar SLTA (Kategori A), dan Mahasiswa/Umum (Kategori B) dari seluruh Indonesia

2. Lomba dibuka 15 Januari 2012 dan ditutup 31 Maret 2012

3. Tema Tulisan: Optimisme masyarakat untuk kemajuan bangsa Indonesia, dan segala yang berbau semangat membangun Indonesia

4. Judul bebas, tetapi mengacu pada tema Butir 3

5. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan satu judul saja.

6. Setiap peserta boleh mengikuti dua lomba sekaligus yaitu lompa menulis puisi dan menulis cerpen.

7. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik, benar dan indah (literer). Bahasa daerah, bahasa prokem, bahasa gaul dan bahasa asing boleh digunakan.

8. Naskah yang dilombakan harus asli, bukan jiplakan dan belum pernah dipublikasikan

Ketentuan Naskah Cerpen:

1. Ditulis di atas kertas ukuran kuarto atau A-4, ditik berjarak spasi 1,5 spasi, huruf 12 font Times New Roman.

2. Panjang naskah cerpen 6 (enam) – 10 (sepuluh) halaman

3. Naskah disertai biodata singkat pengarang dan foto bebas.
Lampiran lainnya: Fotocopy KTP/SIM atau Kartu Pelajar/Mahasiswa dan Kartu Keluarga (pilih salah satu) semua identitas di scan dan dilampirkan dalam satu folder bersama naskah.

4. Setiap peserta diwajibkan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 50.000,- dan akan mendapat 1 eksemplar buku TUHAN TAK PERNAH TIDUR karya Regina Brett yang akan dikirimkan ke alamat masing-masing peserta paling lambat 25 Maret 2012.

5. Biaya pendaftaran dikirimkan melalui Bank Muamalat 0113698411 a.n Julianti Hasibuan dan bukti transfer di scan disertakan dalam folder naskah yang akan dikirim via email.

6. Naskah yang dilombakan beserta lampirannya yang telah di scan dikirimkan melalui E-mail panitia: panitia.lmdhui@yahoo.com dengan format subject (NASKAH LOMBA CERPEN) dan naskah beserta identitas dilampirkan dalam Attachment.

Publikasi pemenang:

1. Hasil lomba diumumkan Sabtu, 21 April 2012 melalui website: www.paniti-lmdhu.blogspot.com dan akan dipublikasikan di Harian Media Indonesia edisi Senin 23 April 2012

2. Keputusan Dewan Juri bersifat final dan mengikat

3. Naskah yang masuk ke Kotak email Panitia LMDHUI-2012 menjadi milik panitia, hak cipta milik pengarangnya

4. Informasi lebih lanjut silakan e-mail ke: panitia.lmdhui@yahoo.com

Hasil Lomba dan Hadiah Untuk Para Pemenang

Kategori  A (Pelajar SLTA/MA/SMK)

* Pemenang I – Uang Tunai Rp 8.000.000,- + Piagam + Bingkisan buku
* Pemenang II – Uang Tunai Rp 6.000.000,- + Piagam + Bingkisan buku
* Pemenang III – Uang Tunai Rp 3.000.000,- + Piagam + Bingkisan buku
* 5 (lima) Pemenang Harapan masing-masing mendapat Uang Tunai Rp 500.000,- + Piagam

Kategori B (Mahasiswa/Umum)

* Pemenang I – Uang Tunai Rp 10.000.000,- + Piagam + Bingkisan buku
* Pemenang II – Uang Tunai Rp 7.000.000,- + Piagam + Bingkisan buku
* Pemenang III – Uang Tunai Rp 4.000.000,- + Piagam + Bingkisan buku
* 5 (lima) Pemenang Harapan Utama masing-masing mendapat Uang Tunai Rp 1.000.000,- + Piagam

Informasi lebih lanjut silakan e-mail ke: panitia.lmdhui@yahoo.com atau Contact Person Nadia Ulfa (0853-73651987) SMS CENTER

Kunjungi Blog Panitia lomba:
www.panitia-lmdhui.blogspot.com

***

Catatan Redaksi Indonesia Art News:

1. Kasus ini sungguh di luar perkiraan kami. Informasi yang kami unduh juga telah diunduh oleh website (resmi) lain. Namun, apapun, kami meminta maaf karena pada ujungnya lomba tersebut ternyata sebuah penipuan. Kami mendapatkan pengalaman berharga atas kasus ini.


2. Berbagai lomba atau kompetisi yang menyaratkan (calon) pesertanya untuk membayar juga hal yang wajar dan berlaku di manapun. Apabila mas Hasta Indriyana dan para korban lain dari penipuan bermotif lomba tersebut akan memperkarakan ke ranah hukum, kiranya bisa berawal dari tanda bukti transfer kepesertaan lomba berikut alamat tujuan transfer.

*)DIsalin dari Indonesaartnews, 3 Mei 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan