-->

Kronik Toggle

LKS SD dan MI di Mojokerto Cuma Copy Paste

MOJOKERTO- Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk sekolah dasar (SD) dan MI di Kota Mojokerto disinyalir hanya copy paste (copas) dari Kabupaten Mojokerto.

Masalah ini muncul lantaran isi LKS sama persis dengan yang beredar di Kabupaten Mojokerto. Yang beda hanya cover LKS saja, yang diterbitkan New Fokus Fajar Timur melalui distributor  CV Dewi Pustaka, Mojokerto.

Sementara seluruh isi LKS sama sekali tak diubah. Dari daftar isi dan daftar pustaka pun sama persis.

“Yang jelas LKS ganti cover saja. Dengan ganti cover, seolah-olah LKS itu buah karya tim peningkatan mutu pendidikan,” kata salah satu guru, Senin (31/7/2012).

Seperti tiga buku LKS IPA Kelas 6 SD. Ketiga buku itu beda cover namun berkonten sama. Baik daftar isi, daftar pustaka maupun nama dan nomer telpon distributor.

LKS yang asli, terbitan New Fokus tercantum nama-nama tim penyusun. Sedang dua LKS, yakni LKS Prestasi (wilayah Kota Mojokerto) dan LKS Palapa (wilayah Kabupaten Mojokerto) yang mengganti perwajahan LKS New Fokus hanya tertera tim penyusun tanpa nama-nama tim yang bersangkutan.

Jadi dua LKS tim peningkatan mutu pendidikan Kota dan Kabupaten Mojokerto jelas-jelas menggunakan LKS New Fokus tapi hanya ganti cover saja.

Karena hanya copas ini, maka pembuatan LKS menyalahi Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah untuk mendukung KTSP (Kurikulum Tingkat  Satuan Pendidikan).

Kepala Bidang Pendidikan TK/SD Dinas P dan K Kota Mojokerto, Eko Edy Susanto mengaku tak tahu menahu.

“Saya tidak tahu sama sekali soal itu (LKS),” akunya saat dikonfirmasi melalui ponsel.

Ia hanya menjanjikan untuk mempertanyakan K3S (kelompok kerja kepala sekolah).

Kepala Dinas P dan K Kota Mojokerto Budwi Sunu mengatakan, pengadaan LKS merupakan kewenangan masing-masing kepala sekolah. Pihaknya sama sekali tidak intervensi.

“Itu (LKS) kewenangan masing-masing sekolah. Dinas tidak turut campur dalam hal apa pun,” katanya.

*)Tribunnews, 30 Juli 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan