-->

Ruang Toggle

Komunitas Lembah Pring

KSLP JOMBANG-2Komunitas Lembah Pring (KLP) berdiri pada 29 Agustus 2007. Penggagasnya adalah Fahrudin Nasrulloh (Mojokuripan, Sumobito). Sementara penggerak dan yang menjadi lurahnya adalah Jabbar Abdullah (Tropodo). Fahrudin yang sejak 1995 menetap di Jogja, lalu tertarik menggeluti sastra pada 1997 hingga sekarang, dan memutuskan pulang ke Jombang pada Agustus 2007, merasa tak menemukan “detak sastra” di kota santri itu. Dan Jabbar yang sudah lama tertarik menyimak dunia seni-budaya juga mengembangkan “gerak” Lembah Pring di Mojokerto, karena ia berdomisili di tlatah Majapahit itu.

Beberpa anggotanya antara lain Dian Sukarno, seorang penulis dongeng dan wartawan, dan motivator Paguyuban Tari Lung Ayu Jombang (asal Jogoroto); Lukiati, mahasiswi Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Jombang, yang juga pengajar tak tetap di MIN I Jombang (asal Jogoroto); Fathul Qarib, pekerja honorer di Dinas Pariwisata Jombang, pengelola kios jual-beli ponsel dan pulsa, dan pengkaji dan pemburu naskah pesantren lawas (asal Tebuireng).

Awalnya, Fahrudin Nasrulloh dan Jabbar Abdullah, yang sama-sama mencintai puisi bersepakat membikin semacam wadah untuk mendiskusikan karya-karya mereka, juga perkembangan sastra dewasa ini. Kenapa harus menjedulkan sebuah nama, semacam “komunitas” atau “padepokan”, hanya untuk sekadar berdiskusi sastra? Apa tidak cukup ngobrol sastra di warung kopi, misalnya, atau di rumbukan pring belakang rumah? Tanpa embel-embel nama “komunitas”, seperti membikin partai “orang bego” saja. Kiranya, mereka, hanyalah orang-orang tidak jelas (tapi punya “kegilaan kecil” atau “impian besar” yang terus dirawat tapi kehabisan obat), seperti sosok Chinowski dalam Factotum-nya Charles Bukowski.

Ilustrasi singkat ini menggambarkan mereka meyakini “kata-kata” yang kelak akan membentuk jalan hidup, dunia, dan tindakan dari “kata-kata” itu yang diikhtiarkan dapat mengubah apa yang terasa sia-sia. Selengkapnya bisa diklik di

Base camp KLP Jombang ada di Mojokuripan RT 1/ RW 3, Jogoloyo, Sumobito, Jombang atau dapat diakses di http://www.facebook.com/group.php?gid=91687709526 atau
email: lembahpring@gmail.com, surabawuk@gmail.com

*)http://www.djombang.com, 13 Juli 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan