-->

Kronik Toggle

Kampanye Sanitasi Sehat Lewat Buku dan Gambar

JAKARTA – Mengampanyekan sanitasi yang bersih dan sehat tidak mudah, apalagi terhadap kalangan anak-anak dan remaja.

Tapi gadis belia Ilona Beatrix Hendrata yang terpilih sebagai Duta Sanitasi Nasional 2012 tidak kehilangan akal. Memahami anak-anak menyuka segala sesuatu yang bergambar dan berwarna semarak, ia pun menggunakan media gambar berwarna untuk mengampanyekan budaya sanitasi sehat.

Ilona Beatrix Hendrata, siswi SMP Ipeka Puri Jakarta itu lantas membuat poster bergambar penuh warna sehingga menarik perhatian. Ia juga menempuh cara memberikan buku-buku  ke taman bacaan. Nah, di program itu rupanya menarik perhatian dewan juri sehingga ia dinobatkan  sebagai  Duta Sanitasi Nasional 2012.

Ia tidak sendirian. Ada sponsor besar yang membekingi langkah positifnya. “Kami telah bekerjasama dengan Toyota, Unicef  untuk membagi poster-poster yang akan dibagikan ke seluruh SD, SMP seluruh Indonesia. Pemilihan poster sangat bagus sebagai media penyuluhan karena lebih menarik,” papar Ilona di kawasan Ancol, akhir pekan lalu.

Tidak hanya itu setelah terpilih menjadi Duta Sanitasi Nasional 2012, ia juga akan mengampanyekan pentingnya pengelolaan sampah yang benar, pembuatan kompos organik dengan menggunakan bekas sampah yang ada di dapur.

“Kita juga akan mengampanyekan pengelolaan air yang benar. Misalnya, saat hujan, air ditampung lalu dijernihkan. Jadi kalau  menyiram sehingga tidak menggunakan air yang bersih dari air tanah ataupun PDAM,” paparnya.

Lantas bagaimana pendapatnya tentang sungai di DKI Jakarta yang belepotan limbah? Menurutnya kondisi sungai sudah tidak layak lagi. “Sungai di DKI jauh dari bersih. Perlu perubahan pola hidup masyarakat  untuk tidak membuang sampah di aliran sungai,” tuturnya.

Ilona terpilih sebagai Duta Sanitasi di ajang Jambore Sanitasi belum lama ini. Selain dia terpilih juga
Alin Mangintar (SMPN 1 Wonosari D.I Yogyakarta), Nadhifa Sekar (SMPN 1 Prabumulih Sumsel).
Untuk juara harapan Dhea Savitri (SMP PL Domenico Savio Jawa Tengah) dan Nurfitrah Aliyah Fauzi. (MTsN Model Makassar, Sulawesi Selatan).

*) Tribunnews, 3 Juli 2012, Judul asli “Ini Cara Cerdas Gadis SMP Budayakan Sanitasi Bersih Sehat”

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan