-->

Kronik Toggle

Festival Alquran Braille Pertama di Indonesia Resmi Dibuka

Jakarta – Festival Alquran Braille yang pertama kali digelar di Indonesia resmi dibuka hari ini, Jumat (27/7/2012). Festival yang akan digelar hingga Minggu (29/7/2012) ini berlangsung di Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Jalan Diponegoro Nomor 63, Bandung.

“Festival ini merupakan yang pertama di Jabar dan Indonesia,” ujar Yudi Yusfar (45), Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) Jawa Barat, ketika ditemui usai menyampaikan sambutannya di gedung Bale Asri, Pusdai.

Tujuan digelarnya festival Alquran braille ini untuk menyemarakkan Ramadan dan juga meningkatkan kecintaan terhadap Alquran. “Besar harapan saya dengan digelarnya acara ini, kami dari ITMI khususnya, bisa turut serta menggali potensi para penyandang tunanetra muslim di Jabar dalam baca dan tulis Alquran braille,” ujar Yudi.

Acara yang berlangsung selama 4 hari ini dijadwalkan akan diisi oleh rangkaian kegiatan di antaranya, lomba baca Alquran, lomba hafalan Alqura, dan lomba menulis huruf arab braille. Sekitar 200 orang para penyandang tunanetra akan menjadi peserta.

“Selain diisi oleh lomba-lomba, kita juga menyelenggarakan Lokakarya Modul Pembelajaran Alquran Braille, dengan harapan modul ini bisa memudahkan bagi para penyandang tunanetra lainnya, insya allah ke depannya modul ini bisa digunakan sebagai standar pembelajaran Alquran braille,” lanjut Yudi.

Yudi menambahkan jika acara puncak festival ini akan dilaksanakan pada Minggu (29/7/2012). “Hari Minggu nanti, di acara penutupan kita akan gelar pembagian sembako. Tidak hanya itu nanti juga bakal ada tadarus Al-Qur’an braille bersama sama,” ujar Yudi.

Yudi menargetkan jumlah peserta yang ikut di acara tadarus nanti sekitar 600 orang. “Dari ITMI sendiri kami sudah menyiapkan sekitar 400 orang untuk memeriahkan acara tadarus hari Minggu nanti, sisanya bisa dari masyarakat umum,” tutur Yudi.

( rmd / rmd )

*)detik, 27 Juli 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan