-->

Tokoh Toggle

Chairul Tanjung, Si Anak Singkong

CTOleh: Dedi Muhtadi dan Cornelius Helmy

Dari selembar kain batik halus milik ibunya, 31 tahun lalu, Chairul Tanjung atau CT kini mampu menyediakan pekerjaan bagi sekitar 75.000 orang di berbagai perusahaan miliknya. Kalau rata-rata karyawan itu anggota keluarganya empat orang, maka sekitar 300.000 orang hidup dari berbagai kegiatan usahanya.

Saya yakin, hal itu tidak akan mungkin terjadi tanpa kehendak Yang Maha Kuasa,” ujar Chairul saat berbincang santai di sela-sela kesibukannya mempersiapkan peresmian Kompleks Trans Studio dan hotel mewah berstandar internasional, Trans Luxury Hotel, di Bandung, Jawa Barat, Kamis (28/6) malam.

Oleh karena itu, ekspansi bisnis ke berbagai bidang usaha yang dilakukannya merupakan bagian rasa syukur dari semua kesempatan yang diberikan Allah SWT.

Bagi Chairul, rasa syukur tak cukup hanya berdoa dan mengucap alhamdulillah, tetapi harus bekerja keras dan terus berusaha. Dengan berkembang, berarti semakin banyak kesempatan kerja dan semakin banyak orang bisa hidup dari perusahaannya. Dan, sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang berguna untuk manusia lainnya.

”CT di mata saya adalah seorang Indonesia yang diimpikan siapa saja. Muda, bekerja keras, sukses besar, bersih dan gentleman,” ujar Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan.

Namun, Chairul berusaha tetap rendah hati. Ia merasa bukan orang pintar karena orang pintar di negeri ini banyak. Begitu pula yang bekerja keras, pun tidak sedikit.

Sukses menjalankan usaha dan mempekerjakan puluhan ribu orang tidak membuat Chairul merasa menjadi aktor utamanya. ”Itu skenario Yang Maha Kuasa,” ujarnya.

Kain batik halus

”Chairul, uang kuliah pertamamu yang Ibu berikan beberapa hari lalu Ibu dapatkan dari menggadaikan kain halus Ibu. Belajarlah dengan serius, Nak.” Kata-kata yang diucapkan Hj Halimah, ibunda Chairul, itu masih terngiang jelas dan menyentuh kalbu yang paling dalam.

Ia tidak menyangka ibunya terpaksa melepas kain batik halus simpanan untuk membiayai ongkos masuk kuliahnya di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (UI) tahun 1981. Padahal Chairul yakin, kain batik itu adalah harta paling berharga yang kala itu dimiliki ibundanya.

”Di satu sisi, saya terpukul dan terharu mendengar hal itu. Namun, dari situlah saya bertekad tidak akan meminta uang lagi kepada ibu. Saya harus bisa memenuhi biaya kuliah sendiri,” kata Chairul.

Kompleks bisnis terpadu itu akan dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan duta besar sejumlah negara. Ia mendedikasikan acara ini untuk perjuangan ibunya, Halimah, yang telah menjadi sosok penyemangat hidupnya hingga kini.

Batik halus yang mirip dengan milik ibunya dulu, akan dijadikan suvenir utama bagi para undangan.

Buku praktikum

Titik balik kemandiriannya dimulai saat Chairul melihat peluang usaha pembuatan buku praktikum kuliah. Ia menjual cetakan buku praktikum dengan harga lebih murah dibandingkan dengan di kios fotokopi yang ada di sekitar Kampus UI.

Ia bekerja sama dengan usaha percetakan milik kerabat salah seorang temannya. Beruntung, usaha pertamanya ini dilakukan tanpa modal karena pemilik percetakan tak mengharapkan uang muka. ”Keuntungan pertama saya Rp 15.000, dan terhitung besar pada zaman itu. Namun, pengalaman yang paling berharga adalah saat belajar soal jaringan dan kepercayaan,” cerita Chairul Tanjung.

Pengorbanan ibu dan keuntungan Rp 15.000 pertama itu membangkitkan rasa percaya dirinya. Perlahan Chairul mengembangkan usahanya dengan mencoba bisnis importir alat kedokteran hingga eksportir sandal.

Dia juga pernah merugi saat gagal merintis pembuatan pabrik sumpit. Namun, kejadian itu tidak membuatnya patah arang.

”Saya selalu menerima kegagalan dengan tangan terbuka. Percaya atau tidak, bila semuanya diterima dengan terbuka, lama-lama kegagalan akan enggan datang,” selorohnya.

Berbekal semangat dan filosofi itu, Chairul dikenal sebagai salah satu pengusaha sukses Indonesia kini. Majalah Forbes menempatkan Chairul Tanjung pada urutan 937 orang kaya di dunia dengan total kekayaan satu miliar dollar AS.

Beberapa kalangan menyebut Chairul bertangan emas, yang bisa menjadikan semua usahanya nyaris sempurna.

Mengambil alih

”Tangan emas” dibuktikannya saat mengambil alih kembali Bank Mega tahun 1996. Saat itu Bank Mega tengah sakit keras dengan saldo merah di Bank Indonesia mencapai Rp 90 miliar. Sebesar 90 persen di antaranya merupakan kredit macet. Hasilnya, tahun 2011 Bank Mega masuk jajaran 12 bank di Indonesia dengan aset Rp 62 triliun.

Stasiun televisi TransTV dan Trans7 dibawanya menjadi favorit masyarakat dengan program yang dikelola sendiri oleh para personelnya. Pusat hiburan masyarakat di Makassar dan Bandung, seperti Trans Studio, pun dalam waktu singkat menjadi kawasan idola masyarakat Indonesia.

Tidak heran, banyak perusahaan berskala lokal dan internasional menawarkan diri untuk dibidaninya. Salah satunya adalah saat dia mengakuisisi raksasa ritel Perancis, Carrefour. Chairul mengatakan, bukan dia yang memilih mengakuisisi, tetapi pihak Carrefour yang menawarkan kepadanya tahun 2010.

Selain terus membuka kesempatan kerja lewat berbagai unit usaha baru, Chairul Tanjung juga menggagas berbagai organisasi dan kegiatan amal, baik untuk warga miskin maupun korban bencana alam. Di antaranya lewat Chairul Tanjung Foundation, Rumah Anak Madani, Komite Kemanusiaan Indonesia, dan We Care Indonesia. ”Saya sempat terharu saat seorang warga mengatakan akan terus berbelanja di Carrefour agar saya bisa membantu semakin banyak orang,” katanya.

Sebagai manusia biasa, Chairul Tanjung juga pernah punya kekhawatiran besar. Ia merasa cemas bila tidak punya energi lagi untuk mengurus perusahaan yang memayungi puluhan ribu orang ini.

Namun, dia menambahkan, sekarang ia sudah punya jurus jitu untuk menekan kecemasan itu. Tahun 1995, saat mengantar ibunda menunaikan ibadah haji, di pintu Kabah ia mengikrarkan diri sebagai prajurit Allah.

”Sebagai prajurit, apa pun yang Dia berikan, baik, buruk, susah, senang, ringan, berat, insya Allah akan senantiasa saya jalankan dengan ikhlas. Saya pasrah kepada-Nya yang sudah memberikan berkah ini. Karena, toh, dulu juga saya bukan siapa-siapa,” ujar Chairul tersenyum, tanpa beban.

Sumber: Kompas, 2 Juli 2012, “Chairul Tanjung, Tangan Emas, Skenario yang di Atas”

61 Comments

armi sri jefrijon - 10. Jul, 2012 -

meskipun latar belakang pendidikan pak chairul sebagai mahasiswa ui dan di jurusan yang boleh dikatakan favorit yaitu dekter gigi,sudah brang tentu pak chairul terlahir sebagai orang pitar dan tidak di ragukan lagi hingga akhirnya pak khairul sukses seperti saat sekarang,ya meskipun aku terlahir sebagai orang yang tidak piter2 amat, tapi aku slalu yakin suatu saat aku akan sama dengan pak chairul bahkan bisa melebihi pak chairul,,,

melati - 13. Jul, 2012 -

saya sangat berkesan dengan chairul tanjung,saya ingin sekali menjadi seperti chairul tanjung.

jiehan - 04. Okt, 2012 -

hahhahaah ngimpi

ina sri anisti - 26. Jul, 2012 -

subhanalloh,rasanya pengen mengobrol langsung dengan beliau..semoga kelak saya bisa seperti itu bahkan harus lebih.. benar-benar tokoh inspiratif

Ricky Hermawan - 29. Jul, 2012 -

Semua milik Allah SWT .. Lahaulla , kita bisa seperti itu !

Fandi - 29. Jul, 2012 -

Saya terharu akan kisah ini, begitu terlihat keagungan sang Pencipta Allah SWT yg lewat Pk.Chairul T. bisa memberikaan ratusan ribu kemudahan dalam mencari nafkah untuk menyambung hidup yang sangat sulit di zaman saat ini

irma febryani - 01. Agu, 2012 -

saya memang bukan orang yang kaya namun saya meiliki keinginan yang kuat untuk merubah nasib hidup saya terima kasih pa chairul anda adalah inspirator saya 🙂

almika - 01. Agu, 2012 -

Insyaallah akan mampu menginspirasi generasi muda Indonesia.
Alangkah akan lebih baik bila semua usaha bapak di kelola secara syariah.
saya berharap, suantu saat bapak akan membuat suatu stasiun televisi yang islam. Amim

fuad - 04. Agu, 2012 -

MANTAP

arif - 11. Agu, 2012 -

Sungguh sangat inspiratif bukunya Pak CT.
Pak CT sy ingin membuka usaha dibidang angkutan / logistik kira-kira sy harus menghubungi siapa karena sy skrg ini lg butuh modal, no hp saya 087871933356
besar harapan sy Pak CT dpt menanggapi permohonan sy, sebelumnya sy ucpkan banyak terima kasih.

Abenk - 14. Agu, 2012 -

Pak CT juga menjadi inspirasi saya untuk usaha mandiri,,sekarang ini yang ada dipikiran saya bagaimana saya bisa jadi pengusaha dan lebih lebih bisa menciptakan lapangan pekerjaan,,

riki noviandi - 19. Agu, 2012 -

Alhamdulillah saya masih diberikan kesempatan membaca buku pak CT,sungguh inspiratif dan menggugah semangat berjuang demi hidup yang lebih baik dan di ridhai Allah SWT.saya yakin menjadi orang besar dan sukses tidak selalu harus pintar dan kaya, tetapi selalu jujur dan bekerja keras serta selalu berdoa dan ikhlas adalah kuncinya

SIDIK PURNOMO - 24. Agu, 2012 -

Terima kasih pak CT telah memberikan contoh dan inspirasi kepada saya dan para generasi mudah saya yakin banyak tokoh – tokoh indonesia yang lain jika di publikasikan akan banyak memberi inspirasi bagi generasi muda, jika setiap sekolah SMA di Indonesia membeli minimal 10 Eks, dan 1/2 royalti hasil penjualan dikembalikan untuk pendidikan anak yang tidak mampu, tentu disamping memberi inspirasi juga sangat membantu, mudah – mudahan makin banyak buku berkualitas yang lain dan mengangkat tokoh tokoh Indonesia.

muhan - 30. Agu, 2012 -

keren. kerja kerasnya wajib ditiru pemuda negri ini. terus berjuang teman semua

kristianus sirait, s.pd - 04. Sep, 2012 -

saya terharu membaca kisah paK CT, dengan berbekal kemauan serta tekad walau diberangkatkan oleh ibundanya dengan menggadaikan kain sutra, serta DO’A seorang Ibu yang tulus dan iklas, Terus maju Pak CT

anni - 20. Sep, 2012 -

syukur alhamdulillah y buat pak CT…Saya salut atas kepintaran,ketekunan,kesuksesannya. itu semua contoh & penyemangat wat generasi muda.

denis - 23. Sep, 2012 -

aku ingin seperti pak chairul tanjung

ferro - 24. Sep, 2012 -

ck,ck,ck,ck hebat.bolehlah untuk bisa jadi mativator.biar tau aja sifat seorang pengusaha itu 1.udah untung besar dibilang masih rugi olehnya karena takut ada pihak2 pem. atau lain2 yang merugikan dirinya (uang).2 dia takkan pernah mau bilang berapa juta orang yang diberi penghidupan olehnya(karyawan)karena banyak hal2 sulit menyangkut karyawan.Dia takkan pernah mau bilang keuntungan yang sebenarnya kpd pihak penguasa karena pihak penguasa hanya akan memerasnya dan merampoknya 3.Sifatnya sebagai pedagang semua mau taunya beres aja. 4.sangat baik kepada pelanggan serta konsumen yang membutuhkan productnya 5. politik dagang yang wajib dan harus menguntungkannya 6.Sangat benci dengan hal2 yang merugikan walau sepeserpun.Jadi bohong besar jika seorang Pengusaha mau mempublikasikan dirinya.Seorang pengusaha itu lebih baik sembunyi dan terus menerus mempublikasikan productnya.Ini orang adalah pengusaha yang dimainkan oleh pengusaha2 lain.Padahal lebih banyak jumlahnya pengusaha yang mempunyai karyawan puluhan ribu bahkan ratusan ribu orang bahkan jutaan.

yangasikcom - 24. Sep, 2012 -

wah spirit pak tanjung benar2 luar biasa 🙂

badri furqon - 24. Sep, 2012 -

subhanallah

tantan - 26. Sep, 2012 -

semoga dapat menjadi semangat kepada saya atas cerita Pak CT

bustam - 27. Sep, 2012 -

aku salut dengan kerja keras pak chairul,…
semoga aku bisa sperti pak chirul..

Sigit Satya - 01. Okt, 2012 -

Subhannallah…menjadi semangat dalam menjalani kehidupan ini..selalu berusaha dan berdoa semoga kita menjadi insan yang terbaik dihadapan Allah dan bermanfaat bagi semua mahluk di bumi ini ..Amin..

andre - 01. Okt, 2012 -

Salut deh sama pak khairul, tapi kayaknya pak khairul terlalu berlebihan dalam mengiklankan diri, hampir di semua media mau tampil, ah paling nanti ujung-ujungnya nyalon jadi pejabat publik eh kekuasaan juga yg di cari

cahrodi - 01. Okt, 2012 -

mudah mudahan ALLAH swt memberikan sosok yg lebih banyak lagi seperti Bp.CT untuk negara INDONESIA tercinta ini.
karena sudah tidak banyak lagi sosok pemimpin yang berkarakter islami di negeri tercinta ini.
Amin,,Amin,,Amin,, yaa raabal ‘aalamien.

andi kamiliya s - 02. Okt, 2012 -

saya siswi sekolah kejuruan di surabaya. saya suda membaca buku CT sejak pertama kali terbit. saya merasa tergugah denga setiap kutipan2 di dalamnya. semngat saya semakin tinggi dengan cerita@ itu. CT hebat. you’re the best.
semoga bpk. CT lain akan terlahir di indonesia ini. 🙂

indrawansyah - 05. Okt, 2012 -

sangat baik isi bukunya bener2 kisah hidup penuh perjuangan

agus - 23. Nov, 2012 -

asslamualikum Bapah CT yang terhormat
perjuangan bapak telah banyak memotivasikan banyak orang,, dan saya pribadi ingin belajar dari sepercik kehiduoan seorang Bapak CT,
tawakal,berdoa, bekeja keras,pantang menyerah,dan menjadi anak yang sholeh.. TERIMA KASIH BAPAK CT, smoga Sllu jaya, dengan karya dan usaha bapak CT. wasslamualikum WRB

Drs. Mahmudi - 09. Okt, 2012 -

assalamu’alaikum Pak Choirul Tanjung.
Selamat atas keberhasilan bapak dalam mencapai kesuksesan meskipun becground Bapak adalah anak Petani.
saya sangat respek dengan itu semua. gimana caranya ya supaya dapat Buku Biografi bapak, atau Buku ada dijual di gramedia atau tempat lain ?
terima kasih
wassalamu’alaikum wr. wb
Mahmudi

komar - 15. Okt, 2012 -

Mengharukan sekali artekel ini sehingga saya semangat kembali menjadi seorang marketing obat tradisioanal,terimakasih pak Chairul Tanjung, terbitkan terus karnyamu dan perjalannmu. Karna kamu akan menjadikan suatu contoh buat saya dan orang lainn

frangky - 16. Okt, 2012 -

buku bpk CT Sangat memotifasi…

teddy kurniawan - 17. Okt, 2012 -

Assalamualai’kum Bpk chairul tanjung . waacchh sya snggat kaagum dgn kerja keras Bpk . dn berbakti kpd orng tua . mskipun sya tdk mmbca bbuku bpk . tpi sya sudah melihat dn mmbca’x d’internet . smoga Bpk mnjdi inspirasi bwt para pmuda-pmudi khusus’x d’indonesia . agar d’negra trcinta ini sham dn prusha’an d’indonesia d’kendalikn dn d’kuasa’i oleh bngsa qta cndri bukn dri bngsa negara laiinnn ….

agus rahmad armanto - 23. Okt, 2012 -

q ingin blajar ksuksesan darinya..andai q bisa brtemu

sapriyando - 24. Okt, 2012 -

dgan adanya contoh yg baik ini dapat mensuport kita biar lebih ber pikir maju dan dapat berguna bagi orang lain

mungkin tak sehebat pak khoirul tanjung dgan doa dan usaha mudah2 an kita bisa.

nggak ada yg nggak mungkin kalau Allah udah berkehendak semua bisa terjadi

insya Allah, terima kasih.

wassalam,

hendrik gobet guritno - 26. Okt, 2012 -

saya kagum dengan beliau, semoga bangsa indonesia akan mencontoh beliau

nyna meli - 31. Okt, 2012 -

assalamualaikum pk Chairul Tanjung
saya sangat terharu dengan kerja keras bapak
smoga bpak bsa lbih skses lgi dri pda ini.
Amin

ayos aliyandi nugraha - 31. Okt, 2012 -

subhanalloh…. mudah-mudahan segala pengalaman bapak mampu menjadi inspirasi buat saya yang mampu juga bangkit dari keterpurukan saya… amin allohumma amin…
hatur nuhun pa … wilujeng!!!!!!!

rudi - 31. Okt, 2012 -

semua itu adalah ujian…….

sultan gani buana - 12. Nov, 2012 -

semua berawal dari usaha dan kerja keras yang tekun

dee - 01. Nov, 2012 -

anak “singkong” aseli indonesia
CT yth terima kasih utuk
mimpi, angan, khayal dan cita-cita
inspiratif,,,,,

joko - 03. Nov, 2012 -

ass.saya sangat salut sekali dengan kerja keras dan ketabahan bapak,semoga saya bisa seperti bapak.amin.

Muhammad.R - 07. Nov, 2012 -

moga ini jadi inspirasi kesemua orang termasuk saya.

Sugaray - 11. Nov, 2012 -

Motivator yang hebat…

Deni I - 13. Nov, 2012 -

Sangat terharu..saya jd ingat ibu saya?beliau bilang kerja yang rajin,jujur,tawakal dan bersyukur.Salut buat bapak chairul tanjung.

amnis rohan - 13. Nov, 2012 -

Ass,,,,
pak Chairul tanjung,,,
saya suka sekali dengan kegigihan dan kerja keras bpk,seandai ny smua itu di miliki olh generasi muda sekarg saya jamin indonesia akan mnjdi sustu negara yg maju,,,

APRI YANTO - 13. Nov, 2012 -

Bagaimana ya agar bisa sukses seperti bapak ?

lili - 13. Nov, 2012 -

Pak.. saya lili kelas 7d, di SMPN 1Gedangan. Saya sangat ingin seperti bapak. Doakan saya ya pak chairul agar bisa seperti bapak. Pak fb saya Lili I. NurHidayat, kalau boleh bapak add saya ya pak agar saya bisa lebih dekat dan detail mengenal bapak..

andreya - 15. Nov, 2012 -

semoga pak chairul tanjung menjadi tauladan yang baik bagi semua orang dan bisa memotivasi menjadi lebih bail

aminnn

ilham - 16. Nov, 2012 -

saya sangat kagum dengan kegigihan bpk chairul tanjung

hj ITje SUryati - 17. Nov, 2012 -

Assalam WrWb
Ibu kasih dua jempol untuk Bpk Chairul Tanjung , masih banyak anak singkong lain di Indonesia yg dapat dua jempol yg tdk ter expose tapi mungkin kapasitas nya lain Semoga bisa di pertahankan apa yg telah di capai GOOD LUCK Salammualaikumum

adea - 19. Nov, 2012 -

seorang yang berpasrah diri kepada Tuhannya…
SUKSESLAH DUNIA dan akhiratnya…
dan dia sudah bisa menjalankan kepasrahan dengan baik..

muh.saifullah.yunus - 22. Nov, 2012 -

saya salut kepada bapak ,smoga bapak mnjdi contoh bagi generasi penerus bangsa

Amey Abdullah - 27. Nov, 2012 -

saya ingin sekali bertemu dengan bpk chairul tanjung…. tulisan karya emasnya telah membangun negeri ku…terimakasi bpk telah memberi kami pekerjaan…

nursery - 30. Nov, 2012 -

ya isinya cukup memotifasi saya.tetapi pada dasarnya dlu orang sekolah itu dah mampu,ibarat bahasa wong desa wong mampu,mungkin seribu satu orang yg sekolah jaman dlu apalagi kedokteran..mahal…mungkin klu jaman sekarang dah biasa..katanya nursery

arrosy - 18. Feb, 2013 -

pak ct itu udah luar biasa banget, masih di koment kaya gitu..
puji CT contoh CT, supaya dia tetep berkarir di indonesia nur …..

djawis carolina - 01. Des, 2012 -

Bagi saya , Pak Chaerul Tanjung adalah model orang yang menggapai sukses karena bakat=1% dan keringat=99%. Apakah beliau cocok kita capreskan untuk 2014? tunggu saja.

Yuliatik - 03. Des, 2012 -

Kisahnya sangat menyentuh,,,,Jika Allah mengijinkan…kelak aku akan mengikuti jejak Beliau…Aku sangat teraentuh pada kisah kain batik halus ibunya…bgtu sulit yg Bpak CT lewati…namun hasilnya semua baik…

tamara alifia - 26. Des, 2012 -

salutt banget,, ingn sprt’y..

yuda permana - 28. Des, 2012 -

kisahnya bagus bgt..

wahju - 19. Mar, 2013 -

kisah hidupnya bisa untuk teladan orang lain

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan