-->

Kronik Toggle

Chairul Tanjung: 'Penulis Hantu' hanya Soal Royalti

JAKARTA–Buku biografi Bos CT Corp, Chairul Tanjung (CT) dengan judul ‘Chairul Tanjung Si Anak Singkong’ kini menjadi polemik. Seseorang bernama Inu Febiana dalam akun Twitter-nya, @IFnubia mengaku adalah orang yang telah menyusun buku tersebut. Namun Inu hanya dicantumkan sebagai pembantu transkrip wawancara.

CT pun mengaku sudah mengetahui perihal polemik di bukunya tersebut. Menurut pemilik TransTV dan Trans7 ini, persoalan dengan ‘penulis hantu’ itu hanya sebatas persoalan royalti.

“Namanya (Inu Febiana) sudah ada dalam buku itu, sebenarnya masalah ini hanya masalah royalti,” ujar CT kepada wartawan saat signing book di Gramedia, Grand Indonesia, Jakarta, Senin (2/7).

CT mengaku tidak mengenal siapa Inu Febiana. Namun Inu sudah mengirim email langsung ke CT terkait polemik buku biografinya itu.

“Di buku itu sudah ditulis nama dia. Sudah diucapkan terimakasih juga karena sudah membantu dalam proses penulisan, namanya sudah ada dalam buku itu,” terangnya.

Sebelumnya, dalam akun Twitter-nya, Inu mengaku sebagai ghost writer (penulis hantu) buku biografi CT. Secara panjang lebar, Inu menceritakan awal mula menerima order buku tersebut. Hingga akhirnya, atas permintaan sang ibu, Inu meminta kepada wartawan Kompas, Tjahja Gunawan Diredja agar namanya dimasukkan dalam buku tersebut sebagai asisten penulis. Permintaan Inu pun dikabulkan oleh Tjahja, atas persetujuan Chairul Tanjung.

“Ini bukan tentang uang saja, bukan. Tapi ‘perintah’ ibu yg gw sampaikan dan penghormatan gw yg sama sekali dianggap gak ada #bukuCT,” demikian tulis Inu dalam akun Twitter-nya, Minggu (1/7).

Inu menulis panjang lebar tentang keluh kesahnya, hingga lebih dari 80 tweet. Intinya, dia tidak menyalahkan Chairul Tanjung, melainkan menyayangkan Tjahja yang dianggap tidak transparan.

“Hingga siang tadi teman menawarkan mediasi, jawab gw simple, “gw takut gabisa nahan maen fisik, takut” #bukuCT,” tulis Inu lagi.

Sementara, penulis resmi buku Biografi Chairul Tanjung, Tjahja Gunawan Diredja mengaku sudah mencantumkan nama Inu dalam buku tersebut.

“Itu tidak betul. Nama Inu Febiana dicantumkan di dalam buku biografi Chairul Tanjung. Silakan membaca dulu bukunya,” kata Tjahja saat dikonfirmasi merdeka.com.

Sumber: merdeka.com, 2 Juli 2012

1 Comment

ratna wulan hanapiah - 28. Nov, 2012 -

maaf pak sebelumnya.
saya mahasiswi akuntansi unpad bandung.
saya ingin bertanya bagaimana cara menghubungi bapak chairul tanjung karna saya bermaksud untuk mengundang beliau ke acara seminar nasional kampus saya.
saya sangat berharap anda dapat membantu saya.
terimakasih

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan