-->

Kronik Toggle

Buku Bekas di JL. Semarang Surabaya Diserbu Siswa

SURABAYA – Liburan sekolah jelang bulan Ramadan, dimanfaatkan siswa-siswa di Kota Surabaya dan sekitarnya, untuk berburu buku-buku pelajaran. Apalagi, sekarang masih dalam nuansa tahun ajaran baru.

Kesibukan berburu buku-buku pelajaran itu terlihat di kompleks Kampung Ilmu di Jalan Semarang, Kamis (18/7/2012) siang. Ratusan siswa dari beberapa sekolah hunting buku-buku yang mereka cari.

“Buku Fisika terbitan Erlangga untuk kelas 3 SMA, ada mbak,” tanya Doni, salah satu siswa SMA Muhammadiyah.

Selain datang bergerombol bersama teman-temannya, ada juga siswa yang diantar orang tuanya. Beberapa dari mereka ada yang khusus membawa catatan berisi buku-buku yang akan mereka beli. Bahkan, ada juga yang berasal dari luar kota.

Salah satunya Gita Istighfarani. Siswi kelas I  SMAN 1 Krembung, Sidoarjo ini datang ditemani orang tuanya. Dia baru saja memborong empat buku sekaligus, Matematika, Biologi, Geografi dan juga Fisika.

“Saya lebih senang nyari buku di sini daripada di Sidoarjo. Di sini selain murah dan lengkap, penerbitnya juga macam-macam,” ujar Gita.

Imron (38), orang tua Gita, mengaku, Kampung Ilmu sudah jadi jujugan bagi nya sejak anaknya duduk di kelas 1 SMP.

“Kalau di sini referensi nya lengkap. Lebih lengkap dibanding di Sidoarjo,” tegasnya.

Banyaknya siswa-siswa yang hunting buku itu tentu saja meningkatkan pendapatan pemilik toko buku. Dilla (21), penjaga toko buku “Laffad Ilmu” mengaku keramaian pencari buku ini sudah terasa sejak pekan lalu.

“Perhari, rata-rata ada  150-an lebih yang datang ke sini,” ujarnya.

Menurutnya, untuk buku-buku pelajaran, dia memberi banderol paling mahal Rp 50 untuk terbitan Erlangga. Sementara untuk buku terbitan lainnya seperti Grasindo atau Yudhistira, relatif lebih murah.

“Biasanya pendapatan sehari paling banter ya Rp 1 juta, kalau pas sepi ya Rp 500 ribu. Untuk minggu-minggu ini sehari bisa mendapat Rp 1 juta lebih,” jelas Dilla.

*)Tribunnews, 19 Juli 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan