-->

Kronik Toggle

BPAD Luncurkan Buku Sisi Lain HB IX

Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi DIY berencana meluncurkan buku yang menceritakan kehidupan di balik istana dan masa kecil GRM Dorodjatun sebelum diankat menjadi Sri Sultan HB IX. Ditargetkan buku akan diselesaikan tahun ini.

Kepala BPAD Provinsi DIY, Ir Eddy Siswanto mengatakan, penulisan buku ini merupakan momen tepat lantaran bertepatan dengan satu abad Sri Sultan HB IX. Ditambahkannya rencana peluncuran buku merupakan produk ke-8 yang dibuat oleh BPAD.

Dalam buku ini direncanakan akan menampilkan artikel dan foto masa kecil HB IX di balik kraton. Ditargetkan buku akan terselesaikan tahun ini.

“Kami pernah menulis buku yang berkaitan dengan Kraton sebanyak lima tema, salah satu di antaranya sisi abdi dalem kraton,” ujarnya dalam Forum Grup Discusion (FGD) Penyusunan Naskah Sumber Arsip ‘Cerita Dari Album Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat GRM Dorodjatun di Masa Muda, Pergaulan dan Pendidikan’, Rabu (18/7) di Hotel Ross In.

Ia kemudian mengambil contoh mengenai salah satu kebijakan ekstrim HB IX saat itu dengan memotong honor abdi dalem untuk membantu kepentingan pemerintahan NKRI yang pada waktu itu Yogyakarta menjadi ibukota. (R-6)

*)KRJogja, 18 Juli 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan