-->

Lainnya Toggle

Wonderbooks, Buku Mantera untuk Para Muggle

Los Angeles – Salah satu daya tarik utama dalam ajang Electronic Entertainment Expo (E3) yang diselenggarakan di Los Angeles Center minggu lalu adalah Wonderbooks.

Perangkat tambahan untuk konsol Playstation ini merupakan kerja sama antara Sony dan penulis novel fantasi Harry Potter, J.K. Rowling.

Dalam pameran ini baru judul pertama yang diperlihatkan kepada publik, yaitu Book of Spells. Ke depannya, Sony berencana meluncurkan beberapa judul lainnya.

Dikutip dari Mashable, Senin, 11 Juni 2012, secara fisik perangkat ini mirip dengan buku hardcover, tapi dalam halaman buku yang tercetak bukan huruf, melainkan gambar berbentuk seperti QR code sederhana.

Wonderbooks didesain berdasarkan buku mantra yang terletak di bagian terlarang perpustakaan Hogwarts. Dalam Book of Spells, pemain diberi tugas mempelajari berbagai mantra untuk menjadi penyihir yang hebat.

Untuk menggunakannya, pemain membutuhkan PlayStation Move yang akan berfungsi sebagai tongkat sihir ala dunia Harry Potter. Perangkat ini menggunakan teknologi augmented reality, di mana pemain dapat melihat dirinya yang sedang duduk di belakang Wonderbooks, serta lingkungan di sekitarnya di dalam televisi, terintegrasi dengan lingkungan dalam game.

Di dalam layar televisi, halaman Wonderbook tidak lagi menampilkan bentuk seperti QR code. Saat mempelajari mantra engorgio, misalnya, di layar televisi ditampilkan sebuah labu yang terletak di atas Wonderbook, dan labu tersebut dapat tumbuh dan bergerak sesuai dengan ayunan tongkat sihir pemain.

Di lain waktu “buku mantra” ini dapat tertutup debu atau bahkan tersulut api, sehingga pemain harus membersihkan dan juga memadamkannya.

Perangkat diperkirakan akan menarik minat penggemar Harry Potter. J.K. Rowling sendiri, yang menulis konten untuk game ini mengatakan sangat puas karena perangkat ini mampu menghidupkan sejarah dan mantra sihir yang termuat dalam bukunya.

“Wonderbook Books of Spells adalah hal yang paling mirip dengan buku mantra yang bisa didapatkan oleh para muggle,” ujar Rowling.

Muggle adalah istilah dalam novel Harry Potter untuk menjelaskan manusia biasa yang tidak memiliki kekuatan sihir.

*)Tempo.co, 11 Juni 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan