-->

Kronik Toggle

Riri Reza: Festival Penulis di Makassar

MAKASSAR–Angan-angan Riri Riza (42) untuk membangun sebuah rumah seni di Makassar sudah terwujud. Pembangunan rumah seni yang diberi nama Rumata’, singkatan dari ’rumah kita’, itu hampir rampung. Pertengahan Juni mendatang, Rumata’ akan menggelar hajatan pertama, yaitu Makasar International Writer Festival #2.

”Festival penulis sudah kedua kalinya digelar di Makassar. Nah, bulan Juni nanti akan ada 15 penulis yang terlibat. Selain dari Indonesia, ada juga penulis dari Amerika, Australia, Hongkong, dan Jepang,” ujar Riri saat akan mengisi acara IPB Green Living Movement, di Bogor, akhir pekan lalu.

Dalam festival penulis itu nanti akan digelar berbagai acara, seperti pameran, diskusi, dan pembacaan puisi. Riri berharap kegiatan kebudayaan di Makassar bisa terdengar sampai ke dunia internasional.

Untuk itulah, Riri ingin Rumata’ menjadi salah satu pusat kebudayaan Makassar, terutama kebudayaan kontemporer.

”Di Makassar memang sudah banyak komunitas seni. Tetapi, dengan kekayaan tradisi yang begitu banyak, saya kira enggak mungkin cukup untuk menampung semua kreativitas budayanya,” ungkap Riri yang sedang menyelesaikan film Atambua 39º Celcius.

Riri sudah merencanakan banyak aktivitas untuk mengisi berbagai kegiatan Rumata’.

Sumber: Kompas, 6 Juni 2012, “RIRI RIZA, Festival Penulis”

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan