-->

Kronik Toggle

Jakarta Book Fair 2012 Dibuka Hari Ini

Jakarta – Book Fair 2012 di Gelora Bung Karno, Senayan, dibuka hari ini, Sabtu, 23 Juni 2012. Menurut Ketua Panitia Jakarta Book Fair 2012, Hikmat Kurnia, pameran buku yang akan berlangsung hingga 1 Juli 2012 ini diikuti 332 penerbit buku dengan 210 stan pameran. Pameran dibuka mulai pukul 10.00 sampai 21.00 WIB.

Hampir seluruh penerbit buku yang terkenal di Indonesia memamerkan buku-buku yang mereka terbitkan dalam pameran ini. “Ini kesempatan bagi masyarakat untuk membeli buku yang tidak beredar lagi di toko buku,” kata Hikmat, Sabtu, 23 Juni 2012.

Pameran buku ini bagian dari agenda perayaan Ulang Tahun DKI Jakarta ke-485. Kali ini Jakarta Book Fair memasuki pameran buku yang ke-22.

Panitia menargetkan pengunjung pameran kali ini bisa mencapai 350 ribu orang. “Targetnya kalau akhir pekan bisa 50 ribu orang, dan hari biasa 20-30 ribu orang,” kata Hikmat.

Menurut Hikmat, pameran menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk membeli buku-buku yang belum sempat dibeli di toko buku. Jika toko buku terbatas dengan rak dan gerai buku, pameran ini menyediakan kesempatan yang lebih luas untuk mencari buku.

Keterbatasan tempat di toko buku, menurut Hikmat, disebabkan jumlah produksi penerbitan buku di Indonesia. Setidaknya ada 18 ribu judul buku yang terbit tiap tahunnya di Indonesia. “Kira-kira 1.500 buku tiap bulan masuk ke toko buku,” kata Hikmat.

Pantauan Tempo, hari pertama pameran buku tersebut cukup ramai. Para pengunjung juga mendapatkan pilihan buku beragam, dari buku baru hingga buku terbitan lama. Para penerbit juga tidak segan untuk menawarkan diskon yang cukup tinggi.

Menurut Indra, 24 tahun, acara pameran buku ini sangat membantu. Dia memang suka mencari buku-buku yang jarang beredar di toko buku. “Cari buku yang unik saja, yang jarang kelihatan di toko buku,” ujar Indra.

Indra pun rela membeli buku yang diinginkannya meski harganya cukup mahal. “Meskipun tidak ada diskon dan mahal dikit, tidak apa-apa,” kata Indra.

Selain pameran buku, menurut situs Jakarta Book Fair, akan digelar beragam acara. Acara itu antara lain diskusi buku, seminar pendidikan untuk guru, lomba cerdas cermat bahasa Inggris, lomba pidato bahasa Inggris, lomba tari kreasi daerah, launching buku, launching film Ambilkan Bulan, Olimpiade matematika, dan creative-preneur.

Panitia Jakarta Book Fair juga menghadirkan beragam tokoh dari beragam kalangan, seperti Dahlan Iskan, Fauzi Bowo, Jokowi, Sudjiwo Tejo, Tjipta Lesmana, Bambang Soesatyo, Deddy Corbuzier, Raditya Dika, Cak Eko, dan Pandji Pragiwaksono.

*)Tempo.co, 23 Juni 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan