-->

Lainnya Toggle

Buku Konstitusi Tulisan George Washington Laku 10 Juta USD

JAKARTA – Sebuah salinan konstitusi Amerika Serikat (AS), yang ditulis oleh Presiden pertama Amerika Serikat (AS), George Washington, berhasil terjual seharga 10 juta US Dollar oleh rumah lelang Christie, Jumat (22/6/2012).

Salinan tulisan yang disusun dalam bentuk buku itu, masih dalam kondisi asli dan dicap dengan mahkota keluarga Washington. Menurut rumah lelang Christie, buku bersampul kulit itu juga terdapat Undang-Undang pertama Kongres, yang meliputi peraturan pendirian negara, pengadilan, pertahanan dan departemen keuangan pemerintahan.

Menurut para sejarahwan, buku itu ditulis pada periode pertama ia menjabat sebagai Presiden AS, yaitu tepatnya pada tahun 1789, dimana George sebagai bapak pendiri negara Paman Sam, menyusunnya dengan cermat mewaspadai kejadian yang akan dihadapi negaranya.

Buku ini diperebutkan dua penawar yang tidak disebutkan namanya selama lelang. Pemilik barunya adalah Asosiasi Wanita Mount Vernon, yang membayar harga akhir 9,8 juta US Dollar seperti disampaikan oleh rumah lelang Christie.

“Ini merupakan hari yang menyenangkan. Kami bergetar dapat membawa buku yang luar biasa ini kembali ke asalnya di Mount Vernon,” seperti juru bicara asosiasi Ann Bookout perwakilan Asosiasi Wanita Mount Vernon, seperti dikutip dari BBC, Minggu (24/6/2012).

Organisasi swasta non profit ini, merupakan pemilik dan merawat Mount Vernon, perkebunan bersejarah milik Washington di Virginia. Pengurus organisasi menyatakan buku itu akan menjadi bagian dari koleksi perpustakaan presidensial baru yang akan dibuka pada 2013.

Sebelum terjual dalam lelang buku itu sempat berada di perpustakaan Mount Vernon selama beberapa tahun setelah kematian Washington. Pada 1876 buku itu dijual pada lelang dan menjadi koleksi pribadi, kemudian dijual lagi pada 1964 kepada Richard Dietrich, seorang kolektor terkenal barang-barang Amerika tempo dulu. (bbc)

*)Tribunnews, 24 Juni 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan