-->

Lainnya Toggle

Baca Buku Kurangi Hukuman Napi Brasil

SELAIN menerima pengurangan hukuman dari pemerintah, ada cara lain yang bisa dilakukan narapidana di Brasil untuk mengurangi masa hukuman mereka. Mereka cukup membaca buku!

Sistem ini dijalankan penjara federal di Brasil guna mengatasi kepadatan di penjara mereka. Untuk setiap buku yang dibaca, narapidana akan mendapat potongan masa tahanan sebanyak empat hari.

Untuk itu, para narapidana paling terkenal di empat penjara federal Brasil diharuskan membaca hingga 12 karya sastra, ilmu filsafat, atau kisah klasik untuk memotong 48 hari maksimum dari masa hukuman mereka setiap tahun, kata pihak pemerintah Brasil seperti dikutip dari Reuters.

“Narapidana akan memiliki waktu hingga empat minggu untuk membaca setiap buku dan menulis sebuah esai. Adapun esai tersebut harus terdiri dari beberapa paragraf, bebas dari kesalahan tulis, dan margin yang tepat,” menurut pernyataan pemerintah yang diumumkan pada Senin (25/6).

Kemudian, sebuah panel khusus akan memutuskan apakah seorang narapidana memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam program bertajuk ‘Pembebasan melalui Membaca’.

“Melalui program ini, seseorang akan meninggalkan penjara dengan visi yang lebih cerah untuk menghadapi dunia,” kata pengacara Andre Kehdi asal Sao Paulo, yang memimpin proyek sumbangan buku untuk penjara. “Tanpa diragukan lagi, mereka (napi) akan menjadi orang yang lebih baik,” katanya. (Pri/OL-10)

*)Mediaindonesia.com, 27 Juni 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan