-->

Kronik Toggle

Segera Tarik Cerita Kekerasan dalam LKS SD

JAKARTA – Peredaran Lembar Kerja Siswa (LKS) berisi cerita ‘Bang Maman dari Kali Pasir’ di SD Angkasa, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, menjadi perhatian banyak pihak.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membentuk tim khusus untuk menyelidiki Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk jenjang SD yang berisi cerita tentang istri simpanan.

Namun, belum usai tim melalukan penyelidikan, buku lain yang berisi kekerasan orang dewasa beredar di Jakarta. LKS bercerita tentang ‘Pengenalan Cerita Rosim’ berisi kekerasan yang dilakukan majikan terhadap budak perempuan.

Cerita itu digambarkan, karena melakukan kesalahan, badan Rosim (budak perempuan) ditusuk-tusuk dengan tusuk konde oleh majikannya. Bukan hanya ditusuk, tangan budak perempuan itu dibakar hingga membara. Buku terbitan Widya Mulya ini, diperuntukan untuk siswa SD dan MI kelas III.

Menanggapi cerita kekerasan dalam LKS itu, pemerhati anak Seto Mulyadi menyanyangkan bila masih ada buku-buku cerita kekerasan beredar di kalangan anak.

“Semua harus berperan aktif, tarik semua buku yang beredar,” kata Seto Mulyadi kepada Okezone, Senin (16/4/2012).

Ketua Komnas Anak itu juga meminta pemerintah dan orang tua untuk lebih selektif dalam memilih buku yang tepat untuk anak didik usia dini.

Semua berperan, baik guru, sekolah, pemerintah dan juga orang tua sebagai pengawas. Jangan sampai ada lagi yang lolos sensor buku-buku yang salah.

“Kasus buku yang pertama memang sudah selesai, artinya sudah ada itikad baik dari pemerintah dan juga pengarangnya untuk menarik buku itu,” jelasnya.

Akan tetap, bukan berarti buku-buku yang lain tidak diseleksi lagi. Bila masih ditemukan, segera lakukan penarikan.

Hal ini tentu akan berdampak buruk bagi psikologis anak. Karena anak akan cepat meniru apa yang dilihatnya.

“Media juga jangan terlalu berlebihan membuat masyarakat cemas. Atas kekeliruan buku-buku yang salah kemarin itu, kedepannya harus lebih waspada,” tuturnya.

(amr)

*)Okezone, 17 April 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan