-->

Kronik Toggle

Penerbit Akhirnya Tarik LKS Komunis

SOLO – CV Media Karya Putra, penerbit buku LKS yang menyebutkan ideologi Indonesia adalah Komunis, akan segera menarik buku tersebut. Penarikan LKS itu guna mengembalikan citra perusahaan yang belakangan dianggap menyalahi aturan.

Penarikan itu dibuktikan dengan surat bernomor 031/MKP/IV/2012. Penerbit menginstruksikan penarikan kepada semua distributor terutama di wilayah pemasaran Cirebon, Jawa Barat.

Direktur CV Media Karya Putra, Saifullah Wali, mengatakan jumlah buku yang ditarik sebanyak 10 eksemplar. Karena menurutnya, buku LKS yang dikeluarkan itu tidak memuat sesuatu yang salah, melainkan kesalahan hanya di kunci jawaban yang ada di tangan pengajar.

Penarikan itupun, diakuinya akan diselaraskan dengan melakukan revisi, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan atas kebijakan buku tersebut.

“Tidak semua LKS kami tarik, karena isi LKS tersebut tidak ada yang salah. Yang akan kami tarik adalah kunci jawaban buku pegangan para guru, itupun jumlahnya tidak banyak hanya 10 eksemplar,” jelas Saifullah Wali di Kartosuro, Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (17/4/2012).

Selain menarik buku pegangan guru, lanjut Saifullah, pihaknya juga akan memanggil penulis yang membuat jawaban di buku pegangan tersebut. Dia juga menolak jika pihaknya sengaja menyebarkan paham komunis ke tengah-tengah pelajar.

Berdasarkan data yang dimilikinya ada 800 eksemplar buku yang diedarkan di Sukabumi, Jawa Barat. Dan sebanyak 295 eksemplar di antaranya, dikembalikan ke perusahaan karena tidak terjual.

Jawaban yang memuat paham “komunis” itupun terletak pada buku PKn kelas 10 semester 2, Uji kompetensi 1 poin B nomor 5 di halaman 13. (ris)
(kem)

*)Okezone, 17 April 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan