-->

Kronik Toggle

Pemusnahan Arsip ala Jogja

YOGYAKARTA – Sebanyak 6.284 nomor berkas arsip-arsip dimusnahkan oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (11/4/2012). Pemusnahan arsip ini dilakukan dengan alasan telah terjadi penumpukan, inefisiensi dan inefektifitas dalam pengelolaannya.

Selain itu, pemusnahaan arsip juga dimaksudkan untuk meminimalisasi biaya pengelolaan. Demikian diungkapkan Plt Kepala BPAD DIY, Eddi Siswanto. Eddi mengatakan, arsip yang dimusnahkan berasal dari tiga intansi yakni Biro Umum Humas dan Protokol Setda Provinsi DIY, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.

“Arsip yang umur simpannya kurang dari 10 tahun wajib dimusnahkan di masing-masing instansi pencipta. Sedangkan arsip yang retensinya 10 tahun ke atas dimusnahkan oleh lembaga kearsipan,” jelasnya.

Sementara Sekretaris Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY, Endar Widayati mengatakan arsip yang dimusnahkan rata-rata berumur 10 tahun sebanyak 2.600 arsip. Endar mengatakan, keputusan pemusnahan arsip berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 1979 dan Peraturan Gubernur Nomor 1 Tahun 2011 oleh PT Kertas Blabag. “Arsip dibakar supaya tidak dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab,” kata Endar.

Sumber: Portal berita kompas.com, 11 April 2012, “6.284 Arsip di Yogya Dimusnahkan”

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan